Breaking News:

Idul Adha 2020

4 Makna Berkurban Menurut Khotib Masjid Agung Baitul Faidzin Bogor, Sembelih Nafsu Keserakahan

Dalam khutbahnya, khotib membeberkan 4 poin makna memyembelih hewan kurban saat perayaan Idul Adha.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Salat Idul Adha 2020 di Masjid Agung Baitul Faidzin Cibinongdigelar dengan khotib Ketua Dewan Penasihat MUI Kabupaten Bogor KH. Sanusi Azhar dan imam Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Furqon KH. Asep Hidayat, Jumat (31/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Salat Idul Adha 2020 di Masjid Agung Baitul Faidzin Cibinong ini akan digelar dengan khotib Ketua Dewan Penasihat MUI Kabupaten Bogor KH. Sanusi Azhar dan imam Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Furqon KH. Asep Hidayat.

Dalam khutbahnya, khotib membeberkan 4 poin makna memyembelih hewan kurban saat perayaan Idul Adha.

"Penyembelihan hewan kurban mengandung sejumlah makna dan pengertian yang luas," ucap khotib di depan para jamaah salat Idul Adha, Jumat (31/7/2020).

Pertama, penyembelihan hewan kurban berarti penyembelihan nafsu serakah dalam menumpuk harta dan kekayaan.

Penyembelihan hewan kurban adalah simbol penyembelihan urat nadi jiwa keserakahan dan ketidak pedulian terhadap sesama manusia.

Kedua, penyembelihan hewan kurban menyiratkan ketakwaan yang berarti pemeliharaan diri serta upaya mendekatkan diri dengan yang maha kuasa.

"Sehingga terhindarlah dari perbuatan buruk dan berbagai kemungkinan memakan harta yang kurang mendapatkan keridhoan Allah atau dalam kata lain memakan makanan yang haram," ujarnya.

Ketiga, penyembelihan hewan kurban berarti menyingkirkan berbagai rintangan bagi pelaksanaan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Keempat, kurban dapat menghindarkan dari perbuatan tercela.

"Ingatlah firman Allah yang menyatakan, 'sesungguhnya perbuatan-perbuatan baik dapat menghapus perbuatan-perbuatan yang buruk.' Insya Allah dengan kebaikan kita menyembelih kurban, segala keburukan yang telah kita lakukan akan dihapus oleh Allah SWT bahkan kita akan mendapatkan pahal yang luar biasa," ungkapnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved