Breaking News:

Info Otomotif

Tips saat Akan Membeli Mobil Bekas, Simak Penjelasannya di Sini!

Selama pandemi, banyak masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah dan lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian.

TribunnewsBogor.com
ILUSTRASI - mobil bekas 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, JAKARTA - Selama pandemi, banyak masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah dan lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian.

Produsen ban asal Korea Selatan, PT Hankook Tire Sales Indonesia melihat tren pembelian mobil bekas disaat pandemi harus diimbangi dengan kewaspadaan pembeli, karena mobil bekas dapat mudah disulap terlihat baru kembali.

Saat membeli mobil bekas atau mobkas, kita harus memilih diler yang tepat dan terpercaya, serta memeriksa seluruh komponen kendaraan secara menyeluruh dan melakukan uji coba agar tidak menambah biaya ekstra yang ujungnya malah merugikan.

Komponen kendaraan yang penting untuk diberikan perhatian khusus, ialah ban. Ban satu-satunya komponen yang bersinggungan langsung dengan aspal dan perlu bekerja keras dalam perjalanan.

Kebiasaan menunda untuk memeriksa atau mengganti ban dengan kondisi yang tidak prima dapat berakibat buruk.

President Director Hankook Tire Sales Indonesia, Yoonsoo Shin melihat ada tiga aspek penting yang perlu diperhatikan pada ban saat akan membeli mobil bekas.

"Yang pertama harus diperhatikan ialah orisinalitas keempat ban mobil bekas yang akan dibeli, termasuk ban cadangan yang dimiliki apakah masih layak atau tidak. Pahami spesifikasi tiap ban dan pastikan riwayat penggantian ban sebelumnya," tutur Shin, Selasa (8/9/2020).

Jika Anda menemukan bahwa ban sudah pernah diganti, periksa pula apakah keempat ban sudah menggunakan ukuran yang sesuai.

Selain itu, jika ingin mengganti ban baru dengan ukuran yang lebih besar perlu memperhatikan ukuran diameter keseluruhan baik pelek dan ban harus tetap sama dengan ukuran ban awal atau lama agar tidak mengacaukan speedometer dan pastikan load index yang tetap mengacu pada rekomendasi produsen mobil.

Untuk menentukan pengukuran yang tepat saat melakukan upsizing ban dapat menggunakan kalkulator ban atau menanyakan pada dealer ban terdekat.

Halaman
123
Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved