Breaking News:

Pentingnya Kesehatan Mental saat Pandemi, Mahasiswa IKK IPB University Adakan Seminar Soal Konseling

peranan manusia pada masa pandemi covid-19 seperti ini ialah membantu orang lain karena manusia tidak akan bisa hidup secara individu.

Istimewa
Seminar Let’s Learn: How to Be a Counselor dengan tema “Spread Your Love, Be a Good Listener” yang diadakan Himpunan Mahasiswa Ilmu Keluarga dan Konsumen (HIMAIKO) pada hari Sabtu, 12 September 2020 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Di tengah pandemi ini, kesehatan fisik sangat diperhatikan.

Selain itu, kesehatan mental juga perlu diperhatikan.

Berubahnya pola kegiatan sehari-hari yang sebagian besar dilakukan secara daring dan adanya pengurangan interaksi sosial secara langsung mampu meningkatkan resiko terjadinya stres pada seseorang.

Stres tersebut dapat disebabkan karena ketidakmampuan seseorang dalam melakukan adaptasi pada berbagai perubahan yang terjadi di lingkungannya dan tidak adanya strategi coping untuk mengatasi masalah tersebut.

Salah satu peranan manusia pada masa pandemi covid-19 seperti ini ialah membantu orang lain.

Membantu orang lain tidak hanya bersifat material tapi lebih pada psikis seseorang.

Pada permasalahan ini, dibutuhkan seorang konselor yang mampu membantu, mendengarkan atau memberi solusi terhadap masalah yang dialami.

Oleh karena itu, diperlukan sebuah pelatihan dalam bidang konseling guna meningkatkan pengetahuan dan softskill untuk membantu mengatasi stres.

Melalui seminar Let’s Learn: How to Be a Counselor dengan tema “Spread Your Love, Be a Good Listener” yang diadakan Himpunan Mahasiswa Ilmu Keluarga dan Konsumen (HIMAIKO) IPB University pada hari Sabtu, 12 September 2020 mengundang pembicara yang berpengalaman di bidang konseling yaitu Ibu Dr. Ir Melly Latifah M.Si.

Melly menyampaikan materi dengan interaktif dan materi yang disampaikan mudah dipahami.

Adapun pembahasan yang disampaikan membuka wawasan atau membuka pemahaman mengenai konseling serta memaparkan modal dasar konselor yang mampu kita dapatkan dari diri kita sendiri sehingga mampu merespon seseorang dengan tepat saat menjadi pendengar.

Acara ini berhasil menarik perhatian 78 peserta umum.

Ketua pelaksa Let’s Learn How to Be a Counseloe, Meida Eka Sovya Melati berharap, dengan diadakannya acara tersebut, peserta dapat mengaplikasikan segala informasi dan pengetahuan yang sudah didapat kemudian memiliki kemampuan sosial serta empati yang tinggi dan juga dapat menjadi generasi yang cemerlang.

Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved