Breaking News:

Info Kesehatan

Cara Mengobati Sariawan yang Mudah dan Aman, di Antaranya Bisa Coba Gunakan Madu

Cara mengobati atau mengatasi sariawan yang aman dan mudah, madu dan gel lidah buaya bisa jadi solusi.

Tribun Jateng/Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Sariawan pada mulut adalah luka terbuka di dalam mulut yang bisa menimbulkan rasa nyeri terutama pada saat mulut digerakan. Salah satu penyebab sariawan diantaranya adalah kekurangan konsumsi nutrisi zat besi seperti vitamin B12 dan vitamin C yang menyebabkan sariawan muncul. Sariawan merupakan salah satu gejala gangguan pencernaan dan sistem daya tahan yang mengalami penurunan. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Sariawan bisa saja mengganggu aktifitas keseharian Anda.

Namun demikan tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengobati sariawan yang bisa Anda lakukan.

Sariawan atau stomatitis aphtosa merupakan kondisi yang disebabkan karena adanya luka pada bagian mulut yang berbentuk bercak berwarna putih.

Kemunculan sariawan pada bibir ini sangat mengganggu aktifitas mulut dan gigi, karena orang yang sedang sariawan akan merasakan sakit yang cukup menyiksa pada area bibir.

Drg Aftina Mutiara Karima menyatakan bahwa sariawan ini muncul karena berbagai faktor, salah satunya biasanya dikarenakan adanya trauma di bagian rongga mulut.

Secara etiologis, sariawan ini disebabkan karena 4 hal, yang pertama adalah trauma di bagian rongga mulut ini kemudian menimbulkan adanya luka, biasanya disebabkan karena area bibir yang tergigit atau karena terluka saat seseorang menyikat gigi.

Cara Mengobati Diare di Rumah Selain Minum Obat, Makanan yang Dikonsumsi Harus Diperhatikan

4 Cara Mengobati Luka Bakar, Jangan Oleskan Pasta Gigi !

Dokter Gigi di Rumah Sakit Sisma Medika ini juga mengatakan bahwa selain karena trauma, sariawan juga bisa dikarenakan adanya defisiensi nutrisi vitamin, biasanya terganggu karena disebabkan konsumsi gizi yang kurang tepat.

Faktor ketiga penyebab kemunculan sariawan adalah karena faktor hormonal Recurrent Aphthous Stomatitis (RAS), yaitu sariawan yang bisa muncul ketika seseorang sedang stres.

Hal ini dikarenakan adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh seseorang.

Selain itu, ternyata sariawan juga merupakan salah satu manifestasi dari beberapa penyakit, diantaranya adalah penyakit Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS), Sindrom Behcet's hingga Kolitis Ulseratif atau radang usus.

Halaman
123
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved