Breaking News:

Diisukan Tutup, Kebun Raya Bogor Tegaskan Tetap Buka Untuk Wisatawan

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), R. Hendrian, Minggu

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Kebun Raya Bogor tetap buka untuk wisatawan, Minggu (20/9/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Kebun Raya Bogor (KRB) masih tetap buka untuk wisatawan di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Mikro dan Komunitas (PSBMK) Kota Bogor dengan status zona merah.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), R. Hendrian, Minggu (20/9/2020).

"Beberapa waktu yang lalu, satu dua hari kemarin, ada pemberitaan Kebun Raya tutup sementara. Itu tidak benar, Kebun Raya tetap buka," kata Hendrian kepada wartawan.

Dia menuturkan bahwa Wali Kota Bogor belum memberikan arahan apapun terkait penutupan Kebun Raya Bogor.

Lanjut dia, memang ada arahan dari Pemkot Bogor terkait pengosongan sementara pedestrian di jalan raya seputaran di luar KRB dan Istana Bogor namun tidak termasuk aktifitas di dalam KRB.

Walaupun secara struktur KRB di bawah LIPI, tapi dalam operasionalnya, kata dia, tetap akan berkoordinasi dengan Pemkot Bogor.

"Bahkan ketika dibuka kembali pada 7 Juli 2020 lalu, kami melewati serangkaian koordinasi yang cukup ketat bahkan harus ada presentasi juga di depan Pak Wali Kota," kata Hendrian.

Pada Senin (21/9/2020) besok, kata Hendrian, pihaknya akan merilis surat untuk para general manager yang mengelola empat Kebun Raya di bawah LIPI untuk mempertahankan implementasi yang cermat dan tepat bagi pelayanan publik agar pembukaan Kebun Raya tidak malah jadi klaster baru.

Ketua Satgas Covid-19 KRB Marga Anggrianto menambahkan bahwa pengawasan protokol kesehatan di KRB melibatkan seluruh karyawan yang bertugas.

"Tidak hanya temen-temen sekuriti, tapi seluruh tim kami, karyawan kami, bertugas mengingatkan dan ada tambahan tenaga yang berfungsi control berkeliling bertemu dengan pengunjung untuk mengingatkan pakai masker dan apabila ada kerumunan dipecah," kata Marga Anggrianto.

Penerapatan protokol kesehatan untuk pengunjung Kebun Raya Bogor ini mulai diperketat dari pintu masuk hingga di dalam kawasan yang mana Kebun Raya Bogor sementara ini beroperasi pukul 08.00 - 16.00 WIB di hari biasa dan pukul 07.00 - 16.00 WIB di hari libur.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved