Penanganan Covid

Bantu Penanganan Covid-19, BIN Siagakan 97 Personel Satgas Intelijen Medis

Satgas Intelijen Medis BIN terus disiagakan untuk digerakkan ke daerah-daerah Indonesia yang memerlukan bantuan penguatan dalam menangani kasus Covid

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Ilustrasi - Swab test massal di Terminal Baranangsiang, Kota Bogor, Jumat (10/7/2020) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Dibentuk pada April 2020 lalu, Satgas Intelijen Medis BIN telah melakukan berbagai kontribusi terhadap penanganan Covid-19 di Indonesia.

Satgas Intelijen Medis telah melakukan beberapa kali rapid test di berbagai wilayah di Indonesia.

Mulai dari Surabaya, Jakarta Selatan,Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta utara, Yogyakarta, Bekasi, Bandung, dan yang terakhir berada di Semarang.

Satgas Intelijen Medis BIN terus disiagakan untuk digerakkan ke daerah-daerah Indonesia yang memerlukan bantuan penguatan dalam menangani kasus Covid-19.

"Kekuatan personel Satgas intelijen Medis BIN yang selalu siagakan berjumlah 97 personel," ujar Deputi VII BIN Wawan Purwanto, dalam keterangan tertulis, Senin (5/10/2020).

Dengan komposisi terdiri dari 6 orang dokter, 15 orang analis kesehatan, 33 orang perawat, 11 orang administrasi kesehatan, 22 orang pengemudi serta 10 orang operator komunikasi, dibawah pimpinan dokter Sri Wulandari.

Tipas Aman Naik Angkutan Umum saat Pandemi Covid-19 Menurut Menhub Budi Karya Sumadi

Sedangkan peralatan PCR (Polymerase Chain Reaction) yang siagakan Satgas terdiri dari 4 unit Mobile Laboratorium dengan peralatan di dalamnya terdiri dari Bio Safety Cabinet (BSC), Thermo Scientific TSC Series (Freezer) Thermomixer, Rotor-Gene Q, Centrifigue 5424 R, Mikropipet, dan wastafel pencuci tangan.

Keakuratan PCR Test yang digunakan Satgas Intelijen BIN mampu mendeteksi ketepatan hasil 70 hingga 100 persen dengan kemampuan kapasitas uji swab hingga 1.248 sample per hari.

Selain peralatan labolatorium canggih, Satgas Intelijen Medis BIN juga dilengkapi dengan helm Thermal KC Wearable yang dapat digunakan untuk mendeteksi suhu tubuh seseorang dari jarak 10 meter, sehingga petugas tidak perlu lagi melakukan kontak fisik dengan para peserta rapid test.

Jokowi Inginkan Keseimbangan dan Optimisme untuk Hadapi Tantangan Pandemi Covid-19

Helm Thermal KC Wearable juga bisa disambungkan ke monitor agar orang tersebut dapat langsung melihat suhu tubuhnya di monitor.

Selain peralatan yang disebutkan diatas, Satgas Intelijen Medis BIN juga dilengkapi dengan 1 unit Laboratorium Bus, 1 unit Rapid Test Drive Thru. 1 Laboratorium stationer, 2 unit kendaraan disinfektan ukuran besar, 2 unit kendaraan disinfektan kecil, 5 unit Ambulance, Baju APD, Masker N95, Sarung tangan, Dacron dan VTM (alat untuk swab test), Rapid Test Kit (alat untuk Rapid Test), tablet disinfektan, reagen Covid-19, Thermal Fever Scanner, serta Rapid Test Antigen.

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bantu Penanganan Covid-19, BIN Siagakan Satgas Medis, 

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved