Penanganan Covid

Rapid Tes Massal Momen Libur Panjang, Sebanyak 24 Pengunjung di Puncak Bogor Reaktif Covid-19

Para pengunjung atau wisatawan yang reaktif Covid-19 ini, kata Mieke akan langsung menjalani tes swab di lokasi yang sudah disediakan.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Vivi Febrianti
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Seorang pengunjung di Puncak Bogor dites swab karena reaktif Covid-19 dalam tes Covid-19 massal di Simpang Gadog, Puncak Bogor, Kamis (29/10/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, MEGAMENDUNG - Sebanyak 24 orang pengunjung di Puncak Bogor dinyatakan reaktif Covid-19, Kamis (29/10/2020).

Mereka kebanyakan juga merupakan warga yang berasal dari luar Bogor.

Data tersebut adalah hasil sementara yang diambil dari tiga titik lokasi tes rapid massal di kawasan Puncak Kabupaten Bogor yakni di Simpang Gadog, Megamendung dan Telaga Warna Cisarua.

"Sampai pukul 10.30 WIB rapid yang sudah dilaksanakan di tiga lokasi sudah sebanyak 440 (orang) dengan reaktif sebanyak 24 reaktif, dan itu kebanyakan dari luar Kabupaten Bogor," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor Mieke Kaltarina kepada TribunnewsBogor.com.

Para pengunjung atau wisatawan yang reaktif Covid-19 ini, kata Mieke akan langsung menjalani tes swab di lokasi yang sudah disediakan.

Kemudian mereka akan disuruh kembali pulang untuk menjalani isolasi mandiri.

Baca juga: BREAKING NEWS - Libur Panjang, Ratusan Wisatawan yang ke Puncak Bogor Disetop dan Disuruh Tes Rapid

"Dan nanti mereka akan kembali lalu mereka akan menunggu hasil (tes swab). Karena sudah ada nama dan alamatnya, kita nanti akan kirim hasilnya dan kita akan berkoordinasi dengan Dinkes wilayah tempat mereka tinggal," ungkap Mieke.

Diberitakan sebelumnya, ratusan masyarakat yang mengunjungi Puncak Bogor di momen libur panjang akhir Oktober 2020 dites rapid massal, Kamis (29/10/2020).

Ratusan wisatawan yang mengunjungi Puncak Bogor dites rapid di kawasan Simpang Gadog, Kamis (29/10/2020).
Ratusan wisatawan yang mengunjungi Puncak Bogor dites rapid di kawasan Simpang Gadog, Kamis (29/10/2020). (TRIBUNNEWSBOGOR.COM/NAUFAL FAUZY)

Mereka dirapid tes oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor yang melibatkan sebanyak 45 orang tenaga medis.

"Hari ini kita agak berbeda, kita lakukan rapid tes yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor. Ini semata-mata bagaimana kita mencegah penularan Covid-19 masuk ke wilayah Kabupaten Bogor, khususnya kawasan wisata Puncak," kata Kasat Pol PP Kabupaten Bogor Agus Ridho.

Selain di Simpang Gadog, rapid tes ini secara bersamaan juga digelar di dua titik lainnya yakni di Megamendung dan Telaga Warna.

"Target jumlahnya disiapkan 3000 rapid tes. Makanya mungkin dalam hal ini selama long weekend mudah-mudahan kita bisa terus lakukan supaya betul-betul bisa kedeteksi ya masyarakat terutama pendatang dari luar Bogor," ungkapnya. 

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved