Breaking News:

Soal Kerumunan Massa Habib Rizieq di Puncak Bogor, Wakil Bupati : Itu di Luar Kendali

Saat massa mulai berkerumun, kata dia, jumlah massa yang mencapai ribuan orang sulit ditangani petugas yang diterjunkan.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan saat ditemui TribunnewsBogor.com di Cibinong, Rabu (18/11/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan bahwa kerumunan massa penyambut Habib Rizieq Shihab di Puncak Bogor pada Jumat (13/11/2020) lalu terjadi di luar kendali.

"Ya itu kan di luar kendali, di luar prediksi, kira kami langsung (ke Markas FPI), ternyata ada penyambutan," kata Iwan Setiawan kepada TribunnewsBogor.com, Rabu (18/11/2020).

Dia menjelaskan bahwa acara kerumunan itu juga digelar tanpa izin karena pihak panitia sama sekali tidak mengirimkan surat terkait acara itu kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor.

Namun, pihaknya tetap mempersiapkan personel gabungan sebagai antisipasi dan pengamanan protokol kesehatan kunjungan imam besar Front Pembela Islam ( FPI) tersebut.

"Tidak ada surat dari pihak panitia, gak ada," kata Iwan Setiawan.

Saat massa mulai berkerumun, kata dia, jumlah massa yang mencapai ribuan orang sulit ditangani petugas yang diterjunkan.

Selain itu, petugas di lapangan juga tidak bisa serta merta langsung membubarkan massa yang juga menutup Jalan Raya Puncak di Simpang Gadog tersebut.

"Ya kita di luar prediksi ya, yang pasti Covid-19 ini yang kita pegang Perbup, tentang PSBB. Kami juga penanganan agar sesuai Perbup. Jujur kami juga tidak bisa secara responsif membubarkan karena kami banyak pertimbangan, kami tidak mau adanya gesekan di lapangan. Karena melihat dari masyarakat itu ada pertimbangan," kata Iwan.

Dalam menindak lanjuti hal ini, Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor dalam waktu dekat rencananya akan menggelar tes Covid-19 massal di lokasi kerumunan massa Habib Rizieq tersebut.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved