Breaking News:

Begini Penanganan Kram Kaki yang Benar Bagi Pesepak Bola

Lanjut Indar, faktor utamanya yakni kurangnya pemanasan sebelum memulai latihan dan juga kram kaki bisa disebabkan oleh kelelahan.

ist
Masseur tim Persikabo 1973, Indar Istiqnan 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CITEUREP - Kram pada kaki kerap terjadi dan dialami seseorang ketika berada dalam keadaan tertentu sehingga membuat tidak nyaman.

Namun tahu kah Anda apa sebenarnya penyebab terjadinya kram pada kaki khususnya bagi pemain sepak bola?

Kali ini TribunnewsBogor.com berkesempatan menanyakan langsung perihal tersebut kepada masseur tim Persikabo 1973, Indar Istiqnan.

Pria yang lahir di Jepara 8 Oktober 1994 itu mengatakan bahwa terjadinya kram pada bagian kaki pesepak bola disebabkan oleh beberapa faktor.

Lanjut Indar, faktor utamanya yakni kurangnya pemanasan sebelum memulai latihan dan juga kram kaki bisa disebabkan oleh kelelahan.

Untuk itu, Indar menganjurkan bahwa seorang pesepak bola wajib melakukan pemanasan serta didukung dengan peralatan yang tepat.

"Untuk menghindari terjadinya kram bagi pemain sepak bola adalah melakukan pemanasan yang baik, cukupi kandungan mineral bagi tubuh, gunakan sepatu yang nyaman, dan latihan yang rutin (mempersiapkan otot)," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Selasa (1/12/2020).

Terkait penanganan, Indar menegaskan bahwa seseorang yang mengalami kram kaki harus melemaskan otot dan menghentikan aktifitas.

"Hentikan aktifitas dan lemaskan otot serta seseorang harus melakukan peregangan ringan," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved