Breaking News:

Teror Virus Corona

Penemuan Virus Corona Jenis Baru di Inggris, Lebih Mudah Ditularkan dan Telah Bermutasi

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, varian baru sejauh ini telah diidentifikasi di Denmark, Belanda, Irlandia Utara, dan Australia.

Vektor Kunst/Pixabay
Ilustrasi virus corona atau Covid-19 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pemerintah Inggris mengkonfirmasi varian baru kedua dari virus corona yang sebelumnya diidentifikasi di Afrika Selatan telah muncul di Inggris, melansir CNBC pada Kamis (24/12/2020).

"Berkat kemampuan genom yang mengesankan dari Afrika Selatan, kami telah mendeteksi dua kasus varian baru virus korona lainnya di Inggris," kata Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock kepada wartawan, Rabu (23/12/2020).

"Varian baru satu ini sangat mencemaskan, karena lebih mudah ditularkan, dan tampaknya telah bermutasi lebih jauh daripada varian baru yang ditemukan di Inggris," katanya.

Pekan lalu, Afrika Selatan mengumumkan penemuan mutasi genetik baru dari virus corona.

Segera setelah diidentifikasi, negara-negara di seluruh dunia mulai menutup perbatasannya dengan Afrika Selatan.

Penutupan perbatasan dari satu negara oleh negara lain terjadi kembali baru-baru ini.

Tepatnya setelah para ilmuwan di Inggris mengungkap telah mendeteksi varian baru lainnya dari virus tersebut.

Meskipun masih banyak yang belum diketahui tentang varian baru tersebut, mutasi diyakini telah terjadi pada awal September.

Baca juga: Libur Jelang Natal, Kondisi Lalu Lintas di Jalan Raya Puncak Saat Ini Ramai Lancar

Baca juga: Libur Natal, Pengendara yang Mengarah ke Puncak Jalani Rapid Tes Antigen Gratis di Rest Area KM 34

Penemuan itu memicu reaksi keras dari negara lain yang langsung menutup perbatasannya, seperti Irlandia, Jerman, Belgia dan Perancis serta negara-negara di luar benua itu.

Inggris juga memberlakukan langkah-langkah ketat untuk menghentikan penyebaran varian baru dari virus yang bermutasi, karena diyakini 70 persen lebih menular.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, varian baru sejauh ini telah diidentifikasi di Denmark, Belanda, Irlandia Utara, dan Australia.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperingatkan pada Selasa (22/12/2020), jenis virus corona baru yang pertama kali terdeteksi di Inggris dapat beredar di AS tanpa peringatan.

Tapi, tim vaksin virus corona Amerika Serikat, Dr Moncef Slaoui mengatakan suntikan Pfizer dan Moderna Covid-19 efektif melawan jenis baru tersebut.

Varian baru, dari Afrika Selatan dan Inggris, belum diidentifikasi di Amerika Serikat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Inggris Konfirmasi Virus Corona Jenis Baru ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/global/read/2020/12/24/112713570/pemerintah-inggris-konfirmasi-virus-corona-jenis-baru.
Penulis : Bernadette Aderi Puspaningrum
Editor : Bernadette Aderi Puspaningrum

Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved