Breaking News:

Siap-siap, Begini Ketentuan Pilih Prodi Pertama dan Kedua di SNMPTN-SBMPTN 2021

D4 di Politeknik dan D4 di beberapa perguruan tinggi memang akan mengikuti SNMPTN dan SBMPTN di tahun 2021.

Editor: Tsaniyah Faidah
Istimewa
Ilustrasi SNMPTN 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) resmi meluncurkan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2021.

Ketua LTMPT Mohammad Nasih mengatakan, peluncuran ini sekaligus menjadi momentum dibukanya registrasi akun LTMPT untuk SNMPTN 2021 pada hari ini, Senin 4 Januari 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Nasih juga menjelaskan sejumlah perbedaan antara seleksi masuk PTN di tahun 2021 dengan tahun 2020.

Salah satunya calon mahasiswa di tahun 2021 memiliki kesempatan untuk memilih prodi D4 di Politeknik.

"Nanti di SNMPTN dan SBMPTN ikut Politeknik. Kami juga sudah mengingatkan kawan-kawan di Kemenag PTKIN kalau memang ikut SNMPTN, maka SBMPTN juga harus ikut, termasuk Ujian Mandiri, mengikuti kuota yang ada," papar Nasih dalam konferensi daring, Senin (4/1/2021).

Ketentuan pilih prodi di SNMPTN 2021

1. Kombinasi S1 dan D4

Ketua Pelaksana LTMPT Budi P Widyobroto menambahkan, D4 di Politeknik dan D4 di beberapa perguruan tinggi memang akan mengikuti SNMPTN dan SBMPTN di tahun 2021.

Jadi, lanjut dia, siswa bisa memilih dua program studi yang menggabungkan S1 dan D4.

"Pilihan dari siswa tersebut, jadi misalkan boleh memilih dua program studi, itu bisa dilakukan satu di universitas atau institut yaitu jenjang S1, kemudian satunya itu memilih di politeknik di jenjang D4 atau S1 terapan," jelas Budi.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved