Breaking News:

Lebih dari 100 Orang Terpapar Covid-19, Satgas Tracking 300 Santri Pondok Pesantren di Bojonggede

Dedi Syarif menjelaskan bahwa awalnya para santri tersebut menjalani test rapid antigen.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Vivi Febrianti
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Dedy Syarif di Cibinong, Jumat (8/1/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOJONGGEDE - Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor melakukan tracking sebanyak 300 santri sebuah pondok pesantren yang terpapar Covid-19 di wilayah Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Dedi Syarif menjelaskan bahwa awalnya para santri tersebut menjalani rapid test antigen.

"Pesantren itu kan awal terdeteksi karena mereka melakukan rapid antigen mandiri. Setelah itu karena banyak yang positif, akhirnya kita lakukan tracking 300 santri," kata Dedi Syarif kepada wartawan di Cibinong, Jumat (8/1/2021).

Setelah dilakukan swab, lebih dari 100 orang santri termasuk beberapa guru dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Santri atau pun guru lainnya yang negatif akhirnya terpaksa dipulangkan sementara.

"Yang positif cukup besar, kita koordinasi dengan owner kyai di sana bahwa yang negatif bisa dipulangkan. Tapi yang positif isolasi minimal 10 hari di dalam pesantren," katanya.

Sementara itu, sumber penularan corona di lingkungan pesantren ini menurutnya juga masih belum dipastikan.

"(Sumber penularan) Belum, hasil tracking kemaren bahwa secara teknis protokol kesehatan sudah, tapi banyak guru-guru santri yang dari luar, ngajar di beberapa tempat atau petugas yang lain," ungkapnya.

Sebelumnya dilaporkan bahwa jumlah santri dan guru yang terpapar di pesantren wilayah Kecamatan Bojonggede ini total berjumlah 120 orang, namun Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor merevisi bahwa totalnya 110 orang.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved