Breaking News:

Info Kesehatan

Penelitian Terbaru, Bagaimana Covid-19 Ditularkan oleh Orang Tanpa Gejala ?

Dengan kata lain, mayoritas penyebaran virus corona berasal dari OTG atau silent carrier.

Tumisu/Pixabay
ilustrasi pencegahan virus corona atau Covid-19 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Virus corona penyebab Covid-19 masih terus menyebar dan angka infeksi terus meningkat baik di Indonesia maupun dunia.

Dari tingginya penularan Covid-19, adanya orang tanpa gejala (OTG) yang dapat menyebarkan virus salah satu yang paling diwaspadai.

Sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal JAMA Open Network, para ahli Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menemukan, lebih dari setengah dari total penularan Covid-19 ternyata berasal dari orang yang tidak mempunyai gejala.

Dengan kata lain, mayoritas penyebaran virus corona berasal dari OTG atau silent carrier.

Baca juga: Orang dengan Usia Dibawah 20 Tahun Rentan Terpapar Covid-19 Varian Baru, Jangan Diabaikan !

59 persen penularan

Melansir Washington Post, skenario dasar model menunjukkan, sebesar 59 persen dari semua penularan berasal dari orang tanpa gejala.

Ini termasuk 35 persen kasus baru dari orang yang menulari orang lain sebelum menunjukkan gejala dan 24 persen berasal dari orang yang tidak pernah menunjukkan gejala sama sekali.

"Intinya, mengendalikan pandemi Covid-19 benar-benar akan membutuhkan pengendalian pandemi penularan secara diam-diam dari orang-orang tanpa gejala," kata Wakil Direktur CDC untuk penyakit menular dan salah satu penulis penelitian Jay C. Butler.

Dikutip dari Huff Post, para ahli ingin lebih memahami masalah penyebaran tanpa gejala, karena pandemi lebih sulit dikendalikan jika orang tersebut menulari orang lain, tanpa menyadari dirinya sakit.

Namun, seorang profesor di Departemen Pengobatan Darurat Universitas Johns Hopkins Eili Klein mempermasalahkan terkait istilah yang tidak spesifik.

Halaman
123
Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved