Breaking News:

Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Terkait Kasus Ujaran Kebencian : Kalau Masih Biasa Kita Akan Tegur

Terkait kasus ujaran kebencian, Listyo Sigit Prabowo mengatakan Polri akan tetap mengedepankan pendekatan lunak (soft approach).

ANTARA FOTO/Pool/Galih Pradipta/foc.
Kabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021). Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo merupakan calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR untuk menggantikan Jenderal Pol Idham Aziz yang memasuki masa pensiun. ANTARA FOTO/Pool/Galih Pradipta/foc. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Komjen Listyo Sigit Prabowo, calon Kapolri mengatakan bahwa Polri di bawah kepemimpinannya akan berada di tengah masyarakat untuk memberikan rasa keadilan. 

Bertalian dengan kasus ujaran kebencian, Listyo Sigit Prabowo mengatakan Polri akan tetap mengedepankan pendekatan lunak (soft approach).

Jika masih dalam taraf yang biasa dan pelaku mau minta maaf, maka kasus selesai.

"Yang harus saya sampaikan terkait dengan hate speech, kalau masih biasa, kita akan tegur minta maaf, selesai," kata Listyo Sigit dalam uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021).

Namun, jika ujaran kebencian itu berpotensi memecah belah bangsa, maka tidak akan ada toleransi.

Menurut Sigit, ketegasan penegakkan hukum ini juga diperlukan agar masyarakat bersikap lebih bijaksana di ruang-ruang publik.

Baca juga: Komjen Listyo Sigit Prabowo Diantar Kapolri Jenderal Idham Azis Jalani Fit and Proper Test di DPR

"(Jika) berisiko memecah belah persatuan bangsa, kami tidak akan toleransi. Pasti kami akan proses," tuturnya.

"Supaya bisa jaga di mana kita boleh dan tidak. Ini menjadi kedewasaan dalam kita memanfaatkan ruang siber, memanfaatkan ruang publik," tambah Listyo Sigit.

Soal kasus ujaran kebencian tersebut sebelumnya menjadi pertanyaan anggota Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat Benny K Harman.

Baca juga: Sosok Listyo Sigit Calon Tunggal Kapolri, Mantan Ajudan Jokowi yang Tangkap Buronan Djoko Tjandra

Ia mendukung Polri melakukan penegakkan hukum terhadap pelaku ujaran kebencian dan penyebar informasi hoaks.

Halaman
12
Editor: Soewidia Henaldi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved