Sriwijaya Air Jatuh

21 Hari Misteri Tragedi Sriwijaya Air, Jenazah Captain Afwan Terungkap Dari DNA Anak Kandung

Puluhan korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak berhasil teridentifikasi.

Penulis: Damanhuri | Editor: khairunnisa
KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN
Suasana di kediaman Captain Afwan, pilot Sriwijaya Air SJ-182, di Perumahan Bumi Cibinong Endah, Blok A3 Nomor 10, Jalan Sukahati, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (10/1/2021) malam. Jenazah Kapten Afwan teridentifikasi pada Jumat (29/1/2021) dan terungkap dari data pembanding DNA anak kandung. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Puluhan korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak berhasil teridentifikasi.

Kendatai demikian, masih ada 4 korban dari total 62 penumpang Sriwijaya Air SJ 182 yang jasadnya belum berhasil diidentifikasi hingga Jumat (29/1/2021).

Sudah sekitar 21 hari sejak insiden itu terjadi sejak hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021) lalu, namun penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu hingga saat ini masih menjadi misteri.

Belum diketahui penyebab pasti penyebab kecelakaan yang menewaskan seluruh penumpang dan awak pesawat.

Saat ini, sudah 58 korban yang jasadnya berhasil diidentifikasi oleh Tim Disaster Victim Identification (DVI) Mabes Polri termasuk jasad sang pilor, Captain Afwan.

perwakilan Sriwijaya Air pimpin doa setelah acara tabur bunga
perwakilan Sriwijaya Air pimpin doa setelah acara tabur bunga (kolase Youtube Intens Investigasi)

Jasad sang pilot sendiri baru berhasil teridentifikasi setelah 21 hari tragedi kecelakaan pesawat.

Ad 2 jenazah lainnya yang juga berhasil teridentifikasi dihari yang sama dengan Captain Afwan yakni Riyanto dan Suyanto.

Kepala Laboratorium DNA Pusdokkes Polri Kombes Ratna Relawati menuturkan jenazah Riyanto teridentifikasi berdasarkan data pembanding DNA anak.

Sementara jenazah Suyanto teridentifikasi berdasarkan pencocokan data DNA antemortem atau sebelum kematian dari ayah dan ibu kandung korban.

Untuk Captain Afwan, teridentifikasi berdasarkan DNA dari anak kandungnya.

"Kemudian, Afwan RZ, teridentifikasi berdasarkan DNA dengan data pembanding dari anak kandung," kata Ratna.

Daftar Korban yang Belum Teridentifikasi

Tim Disaster Victim Identification (DVI) sudah berhasil mengidentifikasi sebanyak 58 jenazah jenazah penumpang korban Sriwijaya Air SJ-182.

Dari jumlah korban teridentifikasi yang tercatat hingga Jumat (29/1/2021) atau hari ke-21 proses identifikasi korban Sriwijaya Air SJ-182.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved