SNMPTN 2021

Lolos SNMPTN dan SBMPTN 2021, UI Tawarkan Beasiswa dan Keringanan Biaya Kuliah, Tertarik?

UI kembali membuka kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengajukan beasiswa dan penyesuaian uang kuliah sesuai dengan kemampuan finansial orangtua

Editor: Tsaniyah Faidah
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Program beasiswa bagi mahasiswa baru UI yang lolos jalur SNMPTN dan SBMPTN 2021 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah dibuka sejak Senin (15/2/2021).

Bagi kamu yang akan memilih program studi (prodi) di Universitas Indonesia ( UI), ada peluang dapatkan beasiswa dan keringanan biaya kuliah.

Di tahun ajaran 2021, kembali membuka kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengajukan beasiswa dan penyesuaian uang kuliah sesuai dengan kemampuan finansial orangtua maupun wali.

Melansir Informasi Umum Program Sarjana dan Vokasi UI, mahasiswa yang diterima melalui Program Reguler S1 dapat mengajukan beasiswa dan skema Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOPB).

Program S1 Reguler UI sendiri dapat ditempuh melalui 3 (tiga) jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) dan Jalur Mandiri S1 Reguler yang pelaksanaannya dengan SIMAK UI.

Program S1 Reguler UI terbatas untuk pendaftar lulusan SMA dan sederajat dengan maksimal 3 tahun kelulusan, contoh SBMPTN 2021 dapat diikuti lulusan tahun 2021, 2020 dan 2019.

Baca juga: Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka, Ini Tips dan Trik Agar Lolos Seleksi

3 dari 10 mahasiswa UI dapatkan keringanan uang kuliah

BOPB merupakan mekanisme penetapan biaya pendidikan mahasiswa S1 Reguler berdasarkan kemampuan bayar penanggung biaya pendidikan dalam rangka mewujudkan nilai-nilai UI.

BOPB dapat diajukan oleh mahasiswa baru program S1 Reguler yang lulus dari jalur masuk SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri S1 Reguler 2021.

Calon mahasiswa baru S1 Reguler dapat memilih besaran biaya pendidikan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan dengan melengkapi syarat yang telah ditentukan.

Syarat dan ketentuan dapat dilihat di akun pengumuman seleksi calon mahasiswa baru.

Ketetapan akhir biaya pendidikan diputuskan oleh UI berdasarkan berkas yang diajukan.

Baca juga: Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru UI 2021, Mulai dari Jalur SNMPTN hingga SIMAK

Setiap tahunnya, rata-rata sebanyak 30 persen dari jumlah mahasiswa baru mengajukan BOPB.

Menariknya, 10 persen dari jumlah yang mengajukan tersebut mendapat kemudahan membayar biaya kuliah.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved