Breaking News:

Diguyur Hujan Deras 2 Wilayah di Bogor Utara Banjir, Camat Sebut Penyebabnya Banjir Lintasan

dua wilayah di Bogor Utara yang terdampak banjir lintasan tersebut, yaitu Kampung Kramat, RW 01 Kelurahan Tanah Baru dan RW 02 Kelurahan Cibuluh.

Istimewa/Pemkot Bogor
Camat Bogor Utara Marse Hendra Saputra 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Hujan deras yang melanda wilayah Kota Bogor belakangan ini mengakibatkan wilayah kelurahan Tanah Baru dan Cibuluh Kecamatan Bogor Utara dilanda banjir.

Bencana banjir yang melanda kawasan sekitar kolam retensi ini menurut Camat Bogor Utara, Marse Hendra Saputra merupakan banjir lintasan.

Ada dua wilayah yang terdampak banjir lintasan tersebut, yaitu Kampung Kramat, RW 01 Kelurahan Tanah Baru dan RW 02 Kelurahan Cibuluh.

“Informasi terakhir dari aparatur wilayah, kondisi terakhir ketinggian air di Kampung Kramat pukul 10.55 WIB air sudah mulai surut hingga ketinggiannya sekitar 40 - 50 cm. Berbeda ketika pada subuh tadi ketinggian air mencapai 1,5 meter. Banjir lintasan ini tidak lama dan mudah-mudahan hujannya juga reda sehingga banjirnya juga tidak berkelanjutan,” katanya usai rapat dengan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim di Kantor Satpol PP Kota Bogor, Jalan Pajajaran, Jumat (19/2/2021).

Langkah antisipasi secara maksimal tetap dilakukan Kecamatan Bogor Utara dengan cara menyampaikan imbauan kepada warga sekitar maupun memfasilitasi kebutuhan yang sifatnya mendesak.

Menurut Marse, pada prinsipnya aparatur wilayah terkait sudah tahu dan paham dengan kondisi yang ada.

Warga sekitar kawasan tersebut sudah siaga.

Bahkan, beberapa lokasi evakuasi atau penampungan bagi warga sudah dipersiapkan, terdekat adalah di Rusunawa Cibuluh.

“Jadi tinggal menjaga kewaspadaan, siap siaga selalu dan antisipasi jika kedepan kondisi cuaca kurang bersahabat. Salah satunya ketika mendapatkan informasi status kenaikan air di pintu air Katulampa, segera disebarkan kepada masyarakat yang ada di semua titik Kecamatan Bogor Utara yang dilintasi sungai Ciliwung,” papar Marse.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan BPBD Kota Bogor melalui Kelurahan Tangguh Bencana (KATANA) yang dimiliki Kelurahan Cibuluh untuk mengambil langkah antisipasi.

Ke depan Marse mengharapkan adanya penataan di kolam retensi dan pembukaan pintu-pintu air yang mengalirkan ke arah Kali Baru agar banjir lintasan tidak terjadi.

Kecamatan Bogor Utara lanjut Marse, sudah merencanakan penanganan banjir di kawasan Bogor Utara secara umum, baik di kawasan Tanah Baru, Cibuluh dan Ciluar.(*)

Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved