Breaking News:

Di Taman Ekspresi Apeksi dan Forum Rektor Indonesia Jalin Sinergitas Kota dengan Kampus

Ruang lingkup kesepakatan bersama meliputi realisasi Tri Dharma perguruan tinggi oleh civitas akademika untuk percepatan pembangunan.

Istimewa/Pemkot Bogor
Ketua Pengurus Apeksi Bima Arya yang juga Wali Kota Bogor dan Ketua FRI yang merupakan Rektor IPB University Prof Arif Satria menjalin kesepakatan dalam sebuah MoU di Taman Ekspresi, Sabtu siang. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Sebanyak 13 Wali Kota yang tergabung dalam Pengurus dan Ketua Komisariat Wilayah Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) menggelar rapat di Kota Bogor, Sabtu (6/3/2021).

Sejumlah kesepakatan dihasilkan, termasuk menjalin kesepakatan bersama dengan Forum Rektor Indonesia (FRI).

Kesepakatan tersebut tertuang dalam MoU yang ditandatangani oleh Ketua Pengurus Apeksi Bima Arya yang juga Wali Kota Bogor dan Ketua FRI yang merupakan Rektor IPB University Prof Arif Satria di Taman Ekspresi, Sabtu siang.

Selain tuan rumah Wali Kota Bogor Bima Arya, tampak hadir Marten Taha (Wali Kota Gorontalo), Aminullah Usman (Wali Kota Banda Aceh), Hendrar Prihadi (Wali Kota Semarang), Abdullah Abu bakar (Wali Kota Kediri), Maulan Aklil (Wali Kota Pangkalpinang), Dewanti Rumpoko (Wali Kota Batu).

Selain itu, hadir juga SN Prana Putra Sohe (Wali Kota Lubuklinggau), Jefirstson R Riwu Kore (Wali Kota Kupang), Khairul (Wali Kota Tarakan) Richard Louhenapessy (Wali Kota Ambon).

Sementara secara daring hadir Firdaus (Wali Kota Pekanbaru) dan Dedy Yon Supriyono (Wali Kota Tegal).

Ruang lingkup kesepakatan bersama meliputi realisasi Tri Dharma perguruan tinggi oleh civitas akademika untuk percepatan pembangunan di kota-kota lokasi kampus atau universitas masing-masing.

Kemudian, penggunaan teknologi tepat guna dan hasil penelitian keilmuan yang dilahirkan universitas bagi akselerasi kesejahteraan masyarakat di kota-kota anggota Apeksi.

Ketua Pengurus Apeksi Bima Arya yang juga Wali Kota Bogor dan Ketua FRI yang merupakan Rektor IPB University Prof Arif Satria menjalin kesepakatan dalam sebuah MoU di Taman Ekspresi, Sabtu siang.
Ketua Pengurus Apeksi Bima Arya yang juga Wali Kota Bogor dan Ketua FRI yang merupakan Rektor IPB University Prof Arif Satria menjalin kesepakatan dalam sebuah MoU di Taman Ekspresi, Sabtu siang. (Istimewa/Pemkot Bogor)

Selanjutnya, peningkatan kegiatan bagi komunitas atau warga kota yang lebih kreatif berupa pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN), pendampingan bisnis dan badan usaha, laboratorium sosial dan penggalangan partisipasi serta aspirasi warga dan civitas akademika, pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang sinergi penanganan Covid-19, urban farming.

Tak hanya itu, kesepakatan bersama juga meliputi pengembangan kota cerdas, pengembangan creative hub dan kewirausahaan berbasis komunitas, pengentasan kemiskinan dan bidang-bidang lain yang disepakati bersama sesuai kebutuhan para pihak, sesuai dengan perundang-undangan.

Halaman
12
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved