Breaking News:

IPSM Bojonggede Catat Ada 40 ODGJ yang Harus Didampingi hingga Sembuh

Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kecamatan Bojonggede mencatat ada sekitar 40 Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang saat ini terus didampingi.

TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
IPSM Bojonggede saat mengunjungi ODGJ yang telah sembuh. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOJONGGEDE - Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kecamatan Bojonggede mencatat ada sekitar 40 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang saat ini terus didampingi.

IPSM bagian Pendamping ODGJ Kecamatan Bojonggede, Haryanto mengatakan 40 ODGJ tersebut berasal dari 8 Desa dan 1 Kelurahan yang masuk wilayah Kecamatan Bojonggede.

Lebih lanjut, Haryanto menegaskan bahwa pendampingan ODGJ itu berdasarkan laporan dari tingkat RT dan RW masing-masing desa maupun Kelurahan.

"Kami mencatat sekitar 40 ODGJ yang ada di Kecamatan Bojonggede. Sekitar 40 ODGJ itu tersebar dibeberapa desa dan kelurahan. Kami mendampingi ODGJ tersebut sesuai dengan aduan RT atau RW," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com.

Tak hanya itu, Haryanto memaparkan, selain aduan tingkat RT atau RW, pihaknya akan mendampingi ODGJ yang masuk dalam kategori meresahkan.

"Biasanya kalau yang meresahkan, itu langsung kami dampingi, kita cari tahu identitas dan berkomunikasi dengan pihak keluarga. Kemudian kita akan dampingi hingga proses penyembuhan," jelasnya.

Haryanto juga menjelaskan bahwa ODGJ yang terdata itu didampingi dan dibawa langsung ke Rumah Sakit Umum Dokter Marzoeki Mahdi, Bogor.

"Yang terdata kita komunikasikan untuk dilakukan perawatan di RS. Selain mendapatkan perawatan ODGJ tentu mereka kita dampingi, kita ajak komuniksi pelan-pelan. Karena mereka juga membutuhkan dukungan dari banyak pihak," paparnya.

Sementara itu, Haryanto mengaku bahwa dalam proses evakuasi ODGJ dirinya kerap menemukan hal yang unik dan tidak bisa terlupakan dalam kehidupannya.

"Banyak juga sih kalau momen yang tidak dapat dilupakan. Misalnya, seperti di wilayah Kelurahan Pabuaran, itu ODGJ selalu bawa arit. Berontak ketika dievakuasi. Tapi kita kan juga dibantu sama Babinsa dan Bhabinkamtibmas sehingga evakuasi ODGJ yang ngamuk itu bisa terkendali," tandasnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved