Breaking News:

AHY Digugat Bayar Rp 5 Miliar, Buntut Pemecatan Eks Ketua DPC Partai Demokrat Halmahera Utara

Ia menilai kliennya yang saat itu menjabat anggota DPRD aktif merasa dirugikan atas pemecatan sepihak ini. 

YouTube/Agus Harimurti Yudhoyono
Konferensi Pers Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Jumat (5/3/2021). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Eks Ketua DPC Partai Demokrat Halmahera Utara, Yulius Dagilaha, menggugat Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membayar ganti rugi Rp5 miliar karena telah memecatnya sebagai kader, buntut dari kehadiran di Kongres Luar Biasa (KLB), Deli Serdang, Sumatera Utara. 

Gugatan itu dilayangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan nomor registrasi 167/Pdt.Sus-Parpol/2021/PN Jkt.Pst. Gugatan dianggap dibacakan oleh hakim.

Seusai persidangan agenda pembacaan gugatan, pihak penggugat yang diwakili Kasman Ely selaku kuasa hukum menyebut kliennya meminta AHY membayar ganti rugi Rp5 miliar.

Ia menilai kliennya yang saat itu menjabat anggota DPRD aktif merasa dirugikan atas pemecatan sepihak ini. 

"Yang bersangkutan juga anggota DPRD aktif sehingga yang bersangkutan merasa dirugikan karena kalau dipecat itu kan tidak lagi bertindak sebagai Ketua DPC Halmahera Utara. Dalam hal ini tentu merugikan beliau yang secara imateriel perkiraan kerugian itu sekitar Rp5 miliar," kata Kasman, Senin (22/3/2021).

Selain AHY, Yulius juga menggugat Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya selaku tergugat I, dan pihak yang turut digugat yakni Lazarus Simon Ishak selaku Pelaksana Tugas Ketua DPC Partai Demokrat Halmahera Utara, Maluku Utara.

Dalam petitumnya, Yulius meminta majelis hakim menyatakan Surat Keputusan DPP Partai Demokrat nomor: 34/ SK/DPP.PD/DPC/III/2021 tanggal 4 Maret 2021 tentang penunjukan Lazarus sebagai Ketua DPC Halmahera Utara yang menggantikan dirinya pada posisi tersebut, tak berkekuatan hukum. 

Yulius juga meminta hakim memerintahkan para tergugat untuk menyetop seluruh perbuatan dan keputusan serta seluruh tindakan Kepartaian di wilayah hukum Kabupaten Halmahera Utara, sampai adanya putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap. 

"Menerima dan mengabulkan permohonan provisi penggugat untuk seluruhnya," tuturnya.

Adapun sidang berikutnya dijadwalkan kembali bergulir pada 29 Maret 2021 dengan agenda jawaban tergugat. 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Dipecat Jadi Kader, Eks Ketua DPC Partai Demokrat Halmahera Utara Gugat AHY Bayar Rp 5 Miliar

Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved