Breaking News:

Tren Transaksi Narkoba via Online Naik, Bea Cukai Bogor Temukan 26 Kasus Sejak 2021, Depok Terbesar

Sejak awal 2021, Bea Cukai Bogor sudah menemukan puluhan kasus transaksi narkoba via online (daring) dan jasa pengiriman barang.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Plt Kepala Kantor Bea Cukai Bogor, Edwan Isrin di Mapolres Bogor, Cibinong, Selasa (6/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Transaksi narkoba via online melalui media sosial kini menjadi tren dalam peredaran narkotika di wilayah Bea Cukai Bogor yang menaungi wilayah Bogor, Cianjur dan Depok.

Sejak awal 2021, Bea Cukai Bogor sudah menemukan puluhan kasus transaksi narkoba via online (daring) dan jasa pengiriman barang.

"Tahun 2021 sudah 26 kasus NPP (Narkotika, Psikotropika dan Prekursor) yang dilakukan secara online," kata Plt Kepala Kantor Bea Cukai Bogor, Edwan Isrin di Mapolres Bogor, Cibinong, Selasa (6/4/2021).

Dia menjelaskan bahwa selain dua kasus transaksi via online tembakau gorila yang baru-baru ini terungkap, temuan paling besar sejauh ini ada di Depok.

Edwan menuturkan bahwa di Depok ditemukan transaksi yang serupa dengan barang bukti ganja seberat 200 gram sekali transaksi.

"Kalau yang di sini (Bogor) ada 2 transaksi, di Depok ada yang paling besar ganja," kata Edwan.

Dia menjelaskan bahwa tren transaksi narkoba via online ini kini tengah naik daun.

Secara daring, transaksi narkoba kini banyak dilakukan dan barang via jasa pengiriman barang dengan cara kamuflase disatukan dengan barang kiriman lainnya.

"Trennya meningkat, jadi sekarang ini karena online kan, jadi belanja barang pun sekarang online, dan narkotika online juga ternyata," kata Edwan.

Maka dari itu, kata dia, Bea Cukai kini juga rutin patroli, pengumpulan data, analisa pengiriman barang dan berkoordinasi dengan Bea Cukai berbagai daerah ketika didapati ada pengirman barang yang mencurigakan.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved