Breaking News:

Pemkot Bogor Berencana Membuat Wisata Kampung Pinus di Kelurahan Sempur

Di sana Ia dan warga sedang mempersiapkan destinasi wisata baru di tengah Kota Bogor yang disebut Kampung Pinus.

Ist
Lurah Sempur Dicky Pratama mengatakan lokasi destinasi wisata kampung pinus berada di bersama RT02/02, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pembangunan kampung tematik di Kota Bogor terus digencarkan.

Satu diantaranya adalah rencana pembangunan kampung tematik destinasi wisata Kampung Pinus di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Lurah Sempur Dicky Pratama mengatakan lokasi destinasi wisata kampung pinus berada di  bersama RT02/02, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Di sana Ia dan warga sedang mempersiapkan destinasi wisata baru di tengah Kota Bogor yang disebut Kampung Pinus.

Nantinya destinasi wisata ini akan menjadi salah satu penghasil warga dengan menjual cendramata serta produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari warga Kampung Pinus.

Diketahui saat ini progres tempat wisata ini masih dalam pengerjaan secara swadaya oleh masyarakat.

Dicky mengatakan, ide destinasi wisata ini berawal dari diskusi bersama warga karena melihat potensi di kampung ini.

"Setelah itu muncul lah ide akan menjadi wisata kecil ditengah kota, konsepnya mirip dengan wisata Maribaya di Bandung, dari pohon ke pohon ada jembatan gantung, ada reling kemudian anjungan untuk spot foto selfie, ini muaranya adalah untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Dicky membeberkan, dengan adanya wisata kampung Pinus ini, masyarakat di RT 02/02 bisa membuat produk cendramata dari biji pohon pinus.

"Kami dorong semua yang dijual produk rumahan warga sekitar, pembangunan kampung ini non APBD tapi akan mengajukan CSR dari perusahaan swasta, saat ini masih proses pembersihan lokasi bersama warga, kami rangkul tokoh masyarakat dan pemudanya," katanyan

Dicky menjelaskan, selain persiapan tempat wisatanya, ini juga sudah dibentuk Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kampung Pinus, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah.

"Sudah bentuk kompepar, jadi kami juga disiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) selain tempat wisatanya, apabila tempat wisata sudah siap, sisi SDM juga sudah siap, termasuk kami ikhtiar untuk hibah kompepar dengan mengajukan ke Disparbud, itupun kalau ada,"katanya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved