Breaking News:

Ramadhan 2021

Kapan Waktu Terbaik Membayar Zakat Fitrah? Begini Penjelasan Baznas Kota Bogor

Hukum menunaikan zakat fitrah bagi umat muslim yang mampu merupakan hal yang wajib.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Wakil Ketua IV SDM Administrasi dan Umum Baznas Kota Bogor, Hussen As Soleh menjelaakan bahwa zakat fitrah merupakan zakat yang wajib ditunaikan bagi seorang muzakki yang telah memiliki kemampuan secara ekonomi. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Hukum menunaikan zakat fitrah bagi umat muslim yang mampu merupakan hal yang wajib.

Namun kapan waktu pembayaran untuk zakat fitrah?

Ketua Baznas Kota Bogor dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua IV SDM Administrasi dan Umum, Hussen As Soleh menjelaakan bahwa zakat fitrah merupakan zakat yang wajib ditunaikan bagi seorang muzakki yang telah memiliki kemampuan secara ekonomi.

Dalam pelaksanaanya, zakat fitrah bisa ditunaikan mulai dari tanggal 1 Ramadan sampai 1 Syawal dengan catatan sebelum khotib naik mimbar pada saat solat sunah Idul Fitri.

"Ketika khotib ini belum naik mimbar maka zakat fitrah masih bisa ditunaikan, tapi kalau khotib sudah naik mimbar maka tidak boleh karena hukumnya berbeda," katanya.

Ia pun mencontohkan seperti halnya bayi yang lahir pada malam takbiran.

Tentu bayi tersebut wajib untuk ditunaikan zakat fitrahnya yang bisa dilakukan pada malam takbiran atau pagi hari sebelum khotib naik mimbar.

Biasanya kata Hussen, banyak umat muslim yang menunaikan zakat fitrah mendekati hari raya Idul Fitri.

Hal itu kata Hussen berkaitan dengan keutamaan.

"Menjelang hari raya itu kan pastinya banyak umat muslim mempersiapkan untuk menyambut hari raya, nah apalagi bagi penerima zakat terutama mereka yang tergolong fakir miskin tentunya mereka pun ingin merasakan kebahagiaan yang sama," jelasnya.

Lanjut Hussen, dasarnya zakat fitrah itu dilihat berdasarkan kebutuhan pokok yang dikonsumsi manusia, yaitu beras.

Tapi bisa juga berupa uang yang tentunya disesuaikan dengan jumlah harga beras yang dikeluarkan seberat 2,5 kilogram (3,5 liter) atau 1 kulak.

"Nah, untuk tahun ini besaran zakat fitrah sudah ditentukan sebesar Rp 35 ribu, besaran untuk zakat fitrah ini kita lihat survei pasar dan mayoritas kebutuhan masyarakat yang dikonsumsi yaitu beras pada saat itu," katanya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved