Breaking News:

Menilik Koleksi Bersejarah di Museum Perjuangan Bogor, Lengkap Tersimpan Rapi

Museum yang berlokasi di Jalan Merdeka, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor ini masih berjuang untuk eksis agar tidak terlupakan.

Fathur Novriantomo/Program Studi Komunikasi SV IPB
Museum Perjuangan di Jalan Merdeka, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - “Meskipun langit runtuh, museum akan tetap utuh!,“ begitulah ujar Pak Beni, pengurus Museum Perjuangan Bogor yang masih dan selalu menanti pengunjung setiap harinya.

Warga Bogor pasti sudah tidak asing dengan museum bersejarah yang menyimpan banyak sekali aset-aset perjuangan masa lampau ini.

Meski sepi pengunjung, museum yang berlokasi di Jalan Merdeka, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor ini masih berjuang untuk eksis agar tidak terlupakan.

Museum Perjuangan Bogor menyimpan benda-benda asli bekas pertempuran yang terjadi di daerah Karasidenan Bogor yang juga meliputi daerah Sukabumi, Cianjur dan Depok.

Mulai dari senjata api hasil rampasan tentara dari Belanda, Jepang dan Inggris, senjata pusaka seperti keris, hingga pakaian-pakaian bekas para pejuang.

Benda bersejarah lainnya yang turut terarsip adalah potongan-potongan surat kabar, mata uang, dan foto-foto para pejuang yang berjuang di daerah Karasidenan Bogor.

Selain benda bersejarah, terdapat beberapa diorama pertempuran yang terjadi di daerah Karasidenan Bogor dalam kurun waktu 1945-1950.

Museum Perjuangan di Jalan Merdeka, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor
Museum Perjuangan di Jalan Merdeka, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor (Fathur Novriantomo/Program Studi Komunikasi SV IPB)

Sebelum pandemi melanda, Pak Beni mengaku rata-rata pengunjung yang datang merupakan anak sekolah dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas sekolah saja.

Jarang sekali ada pengunjung yang datang dengan tujuan murni untuk mengenal sejarah perjuangan Bogor.

Padahal berdirinya Museum Perjuangan Bogor pada 10 November 1957 didasari oleh niat pelestarian semangat juang para pejuang di masa lampau agar dapat selalu diingat generasi muda sekarang.

Halaman
12
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved