Breaking News:

Info Otomotif

Sering Diabaikan, Ternyata Rutin Ganti Oli Kendaraan Bisa Menghemat Kantong Lho!

Montir kendaraan roda dua, Aldi menjelaskan bahwa hal yang paling penting dalam merawat kendaraan adalah rutin melakukan servis dan ganti oli.

Penulis: Yudistira Wanne | Editor: Damanhuri
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Suasana servis dan ganti oli gratis bagi 500 buruh di Alun-Alun Ahmad Yani, Tangerang, Selasa (1/5/2018). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Kendaraan merupakan salah satu bagian penting bagi seseorang dalam menunjang aktifitas kesehariannya, hal itu sudah menjadi hal lumrah dan sulit terbantahkan.

Dengan kendaraan, aktifitas seseorang akan lebih mudah menjangkau jarak maupun suatu tempat tertentu yang ingin dituju.

Berdasarkan realita yang ada, kebanyakan orang di Indonesia memanfaatkan kendaraan roda empat maupun roda dua sebagai teman perjalanan menempuh jarak dan waktu ketika menjalankan aktifitas.

Untuk itu, setiap orang wajib untuk memperhatikan dan memanjakan kendaraannya masing-masing yang sudah menjadi bagian penting dalam mengais rezeki.

Khusus kendaraan roda dua, ada beberapa hal yang wajib dilakukan tuannya agar kendaraan tersebut tidak ngambek ketika tengah diajak berjalan.

Montir kendaraan roda dua, Aldi menjelaskan bahwa hal yang paling penting dalam merawat kendaraan adalah rutin melakukan servis dan ganti oli.

"Ya paling bagus itu satu bulan sekali diganti olinya. Baik gardan (matic) dan oli biasa. Kalau tidak sempat melakukan servis, ya minimal harus rutin ganti oli. Itu sangat penting soalnya," ujarnya, Minggu (25/4/2021).

Lebih lanjut, Aldi menjelaskan bahwa oli memegang peranan penting dalam suatu kendaraan agar mesin tetap awet sehingga tak perlu merogoh uang yang banyak akibat membiarkan oli tak diganti.

"Soalnya oli berperan melumasi dan melindungi mesin dan banyak bagian penting di dalam mesin dari kehausan dan kerusakan," jelasnya.

Tidak hanya itu, Aldi menegaskan bahwa kendaraan yang jarang dimanjakan maka akan berpengaruh kepada performa ketika memacu kendaraan.

"Oli juga kan fungsinya untuk menarik panas dari bagian-bagian mesin. Jika mesin diselimuti kerak atau kotoran-kotoran yang mengendap dan akhirnya mesin akan berjalan kurang efisien dan menyebabkan kendaraan berjalan lamban karena berat," tegasnya.

Aldi juga memastikan bahwa kendaraan yang jarang diganti oli berdampak pula kepada bahan bakar.

"Pengaruh lainnya, bensin jadi cepat habis, karena kan mesin panas tuh kalau oli tidak diganti tepat waktu. Nah, dari panas itu bisa menyebar ke komponen-komponen mesin lainnya," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved