Breaking News:

Kota Bogor Punya Cita-cita Olah Sampah Jadi Tenaga Listrik

Pemerintah Kota Bogor saat ini terus menjajaki proses pengolahan sampah untuk dijadikan sumber energi.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pemerintah Kota Bogor saat ini terus menjajaki proses pengolahan sampah untuk dijadikan sumber energi.

Namun untuk menuju pengolahan sampah menjadi energi ada banyak tahap yang harus dilalui.

Pengelolaan sampah di TPA Galuga yang awalnya menggunakan sistem open dumping kini mulai diubah dengan menggunakan sistem controlled landfill.

Saat ini Pemerintah Kota Bogor mulai melakukan konsultasi dengan beberapa perusahaan swasta yang berinvestasi dibidang energi dalam pengolahan sampah.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang berusaha mencari solusi untuk mengoptimalkan sistem controlled landfill yang sedang dijalankan di TPA Galuga.

"Karena kan idealnya itu ada beberapa fungsi yang dikhususkan mengolah sampah, jadi bukan hanya ditaro saja," kata Dedie Selasa (27/4/2021) usai mendengarkan paparan tindak lanjut pemetaan TPAS Galuga di Balaikota.

Dalam pengelolaan sampah dengan menggunakan sistem controlled landfill memungkinkan untuk memanfaatkan sampah menjadi berbagai pemanfaatan pupuk, membalik sampah.

"Oleh karena itu kita sekarang sedang mencari konsep nih sekarang konsep paling baik ujungnya sampai ini apa sih masa depan sampah ini mau dijadikan apa," kata Dedie.

Salah satu alternatif pengolahan sampah kata Dedie adalah menjadikan sampah menjadi sumber energi listrik.

Halaman
12
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved