Breaking News:

Sidak Pedagang Daging

Tim Terpadu Temukan Ayam Tak Layak Potong saat Sidak Pedagang di Bogor

Dari hasil inspeksi mendadak tersebut terdapat sejumlah temuan diantaranya adalah leher dan kepala ayam yang diduga tidak layak jual.

istimewa
Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor melakukan sidak ke pedagang 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Tim terpadu dari Kementerian Pertanian dan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian didampingi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor melakukan inspeksi mendadak produk hewan jenis daging konsumsi yang dijual di pasar.

Dari hasil inspeksi mendadak tersebut terdapat sejumlah temuan diantaranya adalah leher dan kepala ayam yang diduga tidak layak jual serta ayam tak layak sembelih.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) drh Wina mengatakan bahwa ditemukan beberapa ayam potong di salah satu pasar di Kota Bogor yang diduga menjual ayam tidak layak sembelih.

Hal tersebut terlihat dari adanya bagian pembuluh darah di leher ayam yang dipotong tidak sempurna.

"Iya jadi tidak semua bagian pembuluh darahnya itu terpotong kan, karena kalau penyembelihan harus memotong tiga jalan ya, hanya sebagian saja, artinya pemotongan tidak memenuhin syariat," katanya.

Wina juga sempat menanyakan kepada penjual dimana mendapatkan pasokan ayam tersebut.

Pihaknya juga memberikan pembinaan kepada pedagang untuk membeli arau menerima dan mengambil pasokan ayam dari tempat potong hewan yang sudah bersertifikat.

"Iya kembali lagi kami tanyakan ayam itu berasal dari mana, penyembelihannya itu sudah memiliki sertifikat halal atau belum," katanya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved