Breaking News:

Mudik Lebaran

Nekat Terobos Larangan Mudik di Kota Bogor, Warga Terancam Diisolasi Selama 5 Hari

Satgas Covid-19 Kota Bogor memiliki berbagai skema untuk menghalau pemudik di Kota Bogor.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Menindak lanjuti kebijakan pemerintah pusat terkait larangan mudik, Satgas Covid-19 Kota Bogor membentuk tim hadang untuk menghalau masyarakat yang nekat mudik. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Satgas Covid-19 Kota Bogor memiliki berbagai skema untuk menghalau pemudik di Kota Bogor.

Skema aturan larangan mudik itu diteeapkan mulai dari pemeriksaan dititik enam sekat di Kota Bogor hingga isolasi selama lima hari bagi yang nekat mudik dan lolos pemeriksaan.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan bahwa ada enak titik sekat pemeriksaan di perbatasan pintu masuk Kota Bogor.

Nantinya pengendara yang diperiksa akan ditanya mengenai tujuan masuk ke Kota Bogor.

Selain itu juga nanti pengemudi dan penumpang akan diminat menunjukan bukti bukti untuk memperkuat tujuan mereka.

Jika pendara ini memiliki tujuan yang emergency dan penting serta mengenai pekerjaan maka akan diperkenankan melintas.

"Ada yang alasan mendesak pekerjaan kemudian kedukaan,sakit, hamil dan sebagainya, pertanyaan tadi apa yg membedakan apakah orang ini akan mudik atau hanya sekedar dia melintas," ujarnya saat pers rilis di Balaikota Bogor, Jumat (7/5/2021).

Jika pemudik ini berbohong hingga bisa lolos pemeriksaan sampai ke tempat tujuan mudik, kata Susatyo sesuai perwali 18 maka akan ada Satgas Kewaspadaan yang akan melakukan pemeriksaan pendatang.

"Setelah dia sampai (pemudik yang berhasil lolos) kalau dia datang ada sub satgas pendeteksi RT/RW akan mendatangi untuk melakukan pendataan, ada tiga yang didata yang utama pertama adalah terkait riwayat tujuan kedua adalah riwayat penyakitnya apakah positif dan sebagainya ketiga adalah riwayat vaksinasinya," katanya.

Susatyo menambahkan bahwa wagra Bogor tidak usah khawatir dengan adanya penghadangan.

Karena penghadangan dilakukan untuk mencegah orang masuk ke Bogor.

"Kalaupun lolos nanti adalagi yang akan melakukan pemeriksaan dititik rumah tujuan, bahkan nanti akan dilakukan penindakan oleh Satgas RT/RW untuk melakukan pemeriksaan rapid dan seterusnya bahkan pemilik rumah yang warganya atau kedatangan pemudik ilegal baik itu saratnya formilnya maka itu akan dilakukan karantina 5×24 jam," ujarnya.(*)

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved