Breaking News:

CPNS 2021

Ambang Batas Tes SKD CPNS 2021 untuk Sekolah Kedinasan, Ini Skor Minimal untuk TWK, TKP dan TIU

Penilaian ini dalam bentuk Nilai Ambang Batas seleksi kompetensi dasar (SKD) seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021

Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
Badan Kepegawaian Negara
Ilustrasi CAT dan nilai ambang batas untuk rekrutmen CPNS 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menetapkan standar penilaian untuk tes CPNS 2021.

Penilaian ini dalam bentuk Nilai Ambang Batas seleksi kompetensi dasar (SKD) seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021 melalui skema sekolah kedinasan.

Penetapan tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri PANRB Nomor 921/2021 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2021 yang ditandatangani Menteri PANRB Tjahjo Kumolo pada 21 Mei 2021.

Berdasarkan ketentuan dalam peraturan tersebut, disebut SKD dalam seleksi CASN melalui skema sekolah kedinasan tahun 2021 terdiri dari tiga materi soal.

Baca juga: INFO CPNS 2021 DKI Jakarta, Dibuka Lowongan 555 Formasi Bagi Tenaga Teknis, 11.482 untuk Guru

Yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai ambang batas 156, Tes Intelegensia Umum (TIU) dengan nilai ambang batas 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan nilai ambang batas 65.

“Nilai ambang batas SKD sebagaimana tersebut adalah nilai paling rendah yang harus dipenuhi oleh setiap peserta seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga,” tulis dalam Kepmen tersebut seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Minggu (23/5/2021).

Baca juga: Jadwal CPNS dan PPPK 2021, Ini Daftar Formasi Terbanyak dari Instansi Pusat, Provinsi dan Kabupaten

Pengecualian nilai ambang batas diberikan bagi peserta dari daerah tertentu yang mendapat afirmasi.

“Ketentuan sebagaimana tersebut dikecualikan bagi peserta yang berasal dari daerah tertentu yang mendapat afirmasi sebagaimana diusulkan oleh kementerian/lembaga penyelenggara sekolah kedinasan dan telah disetujui oleh Menteri [PANRB],” bunyi ketentuan pada Kempen PANRB.

Baca juga: Info CPNS Pemprov DKI Jakarta 2021, dari Jumlah Lowongan hingga Formasi yang Banyak Dibutuhkan

Ketentuan nilai ambang batas bagi peserta yang berasal dari daerah afirmasi yaitu nilai kumulatif SKD paling rendah sebesar 281 serta nilai TIU serendah-rendahnya 55.

Lebih lanjut disebutkan dalam peraturan ini, jumlah soal keseluruhan SKD adalah sebanyak 110 soal, dengan rincian 45 butir soal TKP, 35 butir soal TIU, dan 30 butir soal TWK.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved