Breaking News:

Kasus Pencurian Data di Internet Marak Terjadi, Ini Situs yang Bisa Bantu Melacak Pelanggaran

Jumlahnya mungkin bukan jutaan, tapi meski begitu kebocoran data adalah hal yang menakutkan dan tidak seharusnya terjadi.

Editor: khairunnisa
google images
ilustrasi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Kasus pencurian data pribadi di internet beberapa hari lalu kembali terjadi.

Hal ini tentu membuah heboh sekaligus khawatir, pasalnya, data pribadi tersebut berisiko disalahgunakan, hingga kita merugi.

Pihak yang meretas informasi pribadi itu pun juga bisa menggunakan data pribadi untuk hal-hal yang hanya akan mendatangkan keuntungan baginya.

Melansir Kompas.com, pemerhati keamanan siber sekaligus staf Engagement and Learning Specialist di Engage Media Yerry Niko Borang mengatakan, data yang bocor biasanya bervariasi.

Namun yang paling umum adalah nama, alamat, jenis kelamin, pekerjaan, hingga gaji.

Pada kasus kebocoran data pribadi yang baru-baru ini terjadi, temuan Kominfo yang disampaikan Jumat (21/5/2021), menyatakan bahwa jumlah kebocoran sebanyak 100.002 data.

Baca juga: Sudah Mengincar dari Mapolresta Mojokerto, Pemuda Ini Nekat Rampas HP Polwan, Begini Nasibnya Kini

Jumlahnya mungkin bukan jutaan, tapi meski begitu kebocoran data adalah hal yang menakutkan dan tidak seharusnya terjadi.

Sebab data yang didapat oleh orang tidak bertanggung jawab itu akan dimanfaatkan dan disalahgunakan untuk tindak kejahatan.

Misalnya kamu was-was apakah datamu pernah bocor dan disalahgunakan oleh orang lain, kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi maupun website untuk cek kebocoran data pribadi.

Berikut di antaranya!

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved