Breaking News:

Antisipasi Kebocoran Data, Disdukcapil Kota Bogor Matikan Sementara Layanan Sikancil Berlari

Padahal akses layanan online di masa pandemi Covid-19 memudahkan maayarakat agar tidak terjadi kerumunan di suatu tempat pelayanan.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Padahal akses layanan online di masa pandemi Covid-19 memudahkan maayarakat agar tidak terjadi kerumunan di suatu tempat pelayanan. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR UTARA - Kemajuan teknologi untuk memudahkan akses layanan rupanya memiliki potensi adanya kebocoran data.

Padahal akses layanan online di masa pandemi Covid-19 memudahkan maayarakat agar tidak terjadi kerumunan di suatu tempat pelayanan.

Untuk mengantisipasi adanya kebocoran data kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bogor untuk sementara meniadakan layanan online dengan aplikasi Sikancil Berlari.

Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Sujatmiko Baliarto mengatakan bahwa sesuai arahan dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bahwa untuk layanan online agar diberhentikan sementara.

"Iya jadi (layanan kependudukan) yang menggunakan internet publik seluruh Indonesia untuk sementara untuk dimatikan, jadi sikancil di Kota Bogor juga off dulu ya, sabar dulu ya," katanya, Kamis (9/6/2021).

Meski layanan online ditiadakan untuk sementara kata Sujatmiko Disdukcapil Kota Bogor tetap membuka layanan kependudukan seperti biasa.

"Iya kalau pakai Sikancil Berlari itu kan tinggal input data kemudian tinggal ambil, nah sekarang pakai manual dulu seperti dulu lagi, jadi pemohon datang langsung," ujarnya.

Saat ini kata Sujatmiko Disdukcapil Kota Bogor terus melakukan perbaikan dan evaluasi sistem yang ada sambil menunggu arahan lanjutan dari pemerintah pusat.

Ia puemastikan meski pelayanan kembali ke manual tidak akan menimbulkan kepadatan atau kerumunan.

Halaman
12
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved