Breaking News:

Virus Corona di Bogor

28 ODGJ di Kota Bogor Positif Covid-19, Kini Dirawat di Rumah Sakit Marzuki Mahdi

Fidiansyah menjelaskan bahwa ke-28 ODGJ ini menjalani rawat inap isolasi dengan konsep perawatan yang sama dengan pasien Covid-19 yang lain.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Ardhi Sanjaya
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Direktur Utama Rumah Sakit Marzuki Mahdi (RSMM) Kota Bogor dr Fidiansyah, Minggu (27/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR BARAT - Puluhan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kota Bogor terpapar virus corona atau Covid-19 dan diisolasi di Rumah Sakit Marzuki Mahdi (RSMM) Kota Bogor.

Para ODGJ positif Covid-19 ini berasal dari luar dan dalam RSMM.

"Kami ada 28 orang dengan gangguan jiwa yang terkonfirmasi Covid-19. Artinya paparan Covid-19 tidak mengenal sesuatu terkait dengan ada tidaknya gangguan jiwa," kata Direktur Utama RSMM dr Fidiansyah, Minggu (27/6/2021).

Fidiansyah menjelaskan bahwa ke-28 ODGJ ini menjalani rawat inap isolasi dengan konsep perawatan yang sama dengan pasien Covid-19 yang lain.

Namun, karena pasien ini merupakan ODGJ, tidak semua rumah sakit siap menerima pasien ini.

"Karena itu, khusus ODGJ dengan Covid-19 pasti akan menjadi rujukannya ke rumah sakit jiwa ini," katanya.

Dia mengatakan bahwa RSMM mengalokasikan tempat isolasi Covid-19 khusus ODGJ sebanyak 32 tempat tidur yang mana menurutnya lebih banyak dibanding rumah sakit umum lain.

Hal ini untuk antisipasi jika ada ODGJ yang dibawa ke rumah sakit umum namun kemudian mendadak dirujuk ke RSMM karena tak siap.

"Kami mengalolasikan (bed tempat isolasi) lebih dari yang umum supaya rumah sakit daerah yang tidak punya kemampuan, otomatis masih punya tempat di sini. Akibatnya tentu mengurangi yang umum," kata Fidiansyah.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved