Breaking News:

Teror Virus Corona

Pasien Covid-19 Diminta Hati-hati saat Minum Antibiotik, Ini Kata Dokter

Menurutnya, masyarakat harus fokus pada penyembuhan Covid-19 dengan mengikuti anjuran dokter seperti beristirahat dengan cukup

Editor: khairunnisa
amrothman/Pixabay
ilustrasi pencegahan virus corona atau Covid-19 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri tidak disarankan meminum obat antibiotik seperti Azitromisin.

Hal itu dikemukan seorang dokter dan ilmuwan Dr Faheem Younus dalam kegiatan Simposium virtual yang digelar akhir pekan lalu.

Pakar penyakit menular dari University of Maryland Upper Chesapeake Health, Amerika Serikat ini mengatakan, pemberian antibiotik tanpa memiliki indikasi tertentu dalam menimbulkan efek samping.

Ia menyebut, 93 persen pasien Covid-19 tidak membutuhkan obat antibiotik.

"Karena antibiotik membunuh bakteri, sementara Covid-19 disebabkan virus," terang Dr Faheem.

Dr Faheem menambahkan, masalah penggunaan antibiotik yang tidak sesuai dikhawatirkan dapat berujung pada resistensi atau kondisi dimana antibiotik tidak bisa bekerja lagi secara efektif pada tubuh.

Baca juga: Melalui Program Go Babinsa, 3.785 Paket Obat Didistribusikan ke Pasien Covid-19 yang Isoman

"Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak (antibiotik), itu bisa menimbulkan resistensi. Artinya, ketika Anda membutuhkan antibiotik untuk membunuh bakteri 2 tahun ke depan, obat itu tidak akan bekerja," jelas dr Faheem.

Menurutnya, masyarakat harus fokus pada penyembuhan Covid-19 dengan mengikuti anjuran dokter seperti beristirahat dengan cukup dan menjaga asupan gizi yang seimbang.

Konsumsi obat-obatan spesifik harus dilakukan dengan anjuran dokter

"Anda tidak perlu khawatir jika saturasi di atas 92% dan anda adalah kalangan muda tidak memiliki komorbid. Tidak punya penyakit kronik. Kalian tidak perlu obat-obatan yang spesifik. Hanya perlu semacam pereda panas seperti Panadol atau Paracetamol. Fokusnya adalah istirahat tidur dengan baik dan pentingnya menjaga asupan makanan," pesannya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pesan Dokter: Hati-hati Minum Antibiotik bagi Pasien Covid-19, https://www.tribunnews.com/corona/2021/07/20/pesan-dokter-hati-hati-minum-antibiotik-bagi-pasien-covid-19.
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved