Breaking News:

IPB University

Guru Besar IPB University Bagikan Pengalaman Melakukan Penelitian di Hutan Sejak Muda

pernah diajak bersembunyi sambil memperhatikan Burung Kuau Jantan yang datang dan menari-nari di arena yang bersih.

TribunnewsBogor.com/Yudhi Maulana
Kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Dalam sebuah acara yang diinisiasi oleh Derap Perempuan Kreatif Indonesia Peduli Bangsa (DPKIPB) IPB University, Prof Harini Muntasib membagikan cerita perjuangannya melakukan penelitian di hutan.

Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University ini adalah salah satu peneliti perempuan yang sudah melakukan penelitian sejak muda.

Dalam kisahnya, Prof Harini pernah diajak bersembunyi sambil memperhatikan Burung Kuau Jantan yang datang dan menari-nari di arena yang bersih.

Tak lama kemudian muncul burung betina.

“Ketika berjalan, tiba-tiba saya ditanya apakah bisa memanjat pohon atau tidak. Saya memutuskan untuk mencari batang yang tidak tinggi. Ternyata pada saat yang bersamaan datang Banteng,” tutur Guru Besar Bidang Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata, IPB University ini dengan bersemangat.

Dari berbagai penelitian yang pernah ia lakukan, Prof Harini telah menyusuri berbagai sungai dan bertemu dengan hewan-hewan yang unik.

Bahkan untuk bertahan hidup di hutan, Prof Harini pernah hanya mengandalkan keong dan dedaunan sebagai makanannya.

“Pengalaman ini membuat saya kagum dengan alam. Bagi kami, masuk hutan itu rasanya seperti hobi. Di dalam hutan itu, akhirnya kita belajar bahwa betapa kecilnya kami sebagai manusia. Di sanalah kami belajar bahwa kami bukan siapa-siapa. Dengan lingkungan, di sanalah kebahagian luar biasa ini kami dapatkan,” tutupnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved