Kartu Prakerja

Tak Lagi Nganggur, Alumni Program Kartu Prakerja Kini Dapat Layanan yang Terhubung Lowongan Kerja

Melalui program Kartu Prakerja, para peserta bisa mendapatkan pembekalan kompetensi kerja dan kewirausahaan.

Editor: Vivi Febrianti
DOK. SHUTTERSTOCK
Ilustrasi mengikuti program pelatihan Kartu Prakerja 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan pemerintah terus berupaya meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan.

Melalui program Kartu Prakerja, para peserta bisa mendapatkan pembekalan kompetensi kerja dan kewirausahaan.

"Sebanyak 35 persen penerima program Kartu Prakerja tahun 2020 yang awalnya menganggur, pada saat dilakukan survei evaluasi mengatakan telah bekerja atau berwirausaha," kata Denni melalui keterangan tertulis, Senin (9/8/2021).

Program Kartu Prakerja, kata Denni, bermanfaat bagi generasi muda yang baru mau masuk ke dunia kerja.

Mitra program Kartu Prakerja, Karier.mu program Talenta Siap Karier dan Talenta Siap Bisnis bagi para peserta sebagai tindak lanjut dari pelatihan yang diadakan.

Para alumni program Kartu Prakerja dapat terhubung dengan lowongan kerja yang dibutuhkan.

Baca juga: Awas Penipuan! Ini Bocoran Jadwal Kartu Prakerja Gelombang 18, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

“Kami menyediakan layanan baru Karier.mu Talent Hub di mana para alumni program Kartu Prakerja dapat langsung melamar dan terhubung dengan lowongan kerja yang tersedia,” kata Chief Operation Officer Karier.mu dan Sekolah.mu Radinka Qiera.

Para penerima Kartu Prakerja yang mengakses program melalui platform Karier.mu juga akan mendapatkan hadiah menarik seperti laptop dan lainnya untuk menunjang persiapan kerja.

Radinka menambahkan, para penerima Kartu Prakerja yang mendaftar melalui platform Karier.mu akan mendapatkan pendamping sampai karier impiannya.

Perjalanan mereka tidak berhenti pada pelatihan saja, tetapi ada tindak lanjut yang tidak dimiliki mitra lain.

“Platform Karier.mu tersedia di web dan aplikasi yang mempermudah para pengguna untuk menyelesaikan pelatihan dan dapat diakses oleh penerima program Kartu Prakerja dengan waktu yang fleksibel. Kami siap membantu peserta selama 24 jam," tutur Radinka.

Kompetensi yang paling banyak berkembang dari para penerima Kartu Prakerja antara lain adalah tingkat kemandirianndan orientasi pada tindakan yang akan menjadi penting sebagai bekal para pengguna pelatihan.

Selain itu, penerima Kartu Prakerja juga mendapat berbagai fasilitas seperti fleksibilitas program yang memungkinkan penerima Kartu Prakerja untuk belajar di mana saja dan kapan saja.

Serta fasilitator berpengalaman, serta platform aplikasi digital untuk belajar yang efektif dan materi yang beragam.

"Kami juga memiliki beberapa mitra Kartu Prakerja di berbagai kota, antara lain yec.co.id (Yogyakarta), Founderplus (Depok), LKP LEAP (Surabaya), LA Language Academy (Yogya), Sekolah Vokasi IPB (Bogor), LKP Karya Jelita (Bandung), yang tersedia di platform prakerja.karier.mu dan mitra-mitra lain yang jumlahnya akan terus bertambah di 2021 ini,” pungkas Radinka.

Penerima Kartu Prakerja yang mengambil pelatihan di Karier.mu akan mendapatkan sertifikat setelah selesai mengikuti pelatihan.

Selain itu bisa memanfaatkan fasilitas diskusi dengan metode personalisasi melalui fitur Tanya.mu.

Aktivitas pelatihan Program Kartu Prakerja dilakukan melalui video, kuis, dan media interaktif lainnya seperti infografis, aplikasi pertemuan daring, dan lain sebagainya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Alumni Program Kartu Prakerja Dapat Layanan yang Terhubung Lowongan Kerja

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved