Breaking News:

Alun-alun Kota Bogor Rampung November, Fasilitasnya Dibagi 4 Zona

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan nantinya Alun-alun Kota Bogor dengan Stasiun Bogor, Masjid Agung dan kawasan perdagangan akan terinteg

Penulis: Lingga Arvian Nugroho | Editor: Ardhi Sanjaya
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim meninjau proyek pembangunan Alun-alun Kota Bogor pada Jumat (13/8/2021) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pembangunan Alun-alun Kota Bogor direncanakan rampung dalam 180 hari kalender kerja, atau pada November 2021 mendatang.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan nantinya Alun-alun Kota Bogor dengan Stasiun Bogor, Masjid Agung dan kawasan perdagangan akan terintegrasi.

"Dengan nanti selesainya Alun-alun, kita berharap tentu sesuai dengan tata ruang, tata kotanya. Termasuk juga Bogor sebagai salah satu kota di Asia yang pertama kali dijadikan oleh Belanda sebagai green city, itu bisa terlaksana, jadi historynya tidak kita lepas," kata Dedie saat meninjau pembangunan Alun-alun Kota Bogor, Jumat (13/8/2021).

Tak hanya itu, nantinya kawasan tersebut juga akan menjadi pusat pergerakan orang dari penumpamg stasiun, pengunjung Alun-alun Kota Bogor dan konsumen pasar, serta pengunjung Masjid Agung.

"Kita mengembalikan bagaimana dulu para pendahulu merencanakan daerah ini dengan baik, sebagai salah satu tempat yang strategis yang bisa dimanfaatkan untuk brkumpulnya masyarakat, dijadikan akses kejalur masuk memanfaatkan kereta api, nanti ke depan bisa beribadah di Masjid Agung, Masjid Agung di belakangnya ada pasar bisa berbelanja, jadi memang kita konsepsikan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat Kota Bogor," katanya.

Sehingga ke depan, kata Dedie, konsentrasi pergerakan masyarakat tidak hanya berpusat di seputar SSA saja..

Sementara itu mengenai fasilitas di Alun-alun Kota Bogor, Kadis Perumkim Kota Bogor Juniarti Estiningsih mengatakan akan ada empat zona di Alun-alun Kota Bogor.

Zona pertama yakni zona botani, zona olahraga, zona plaza, dan zona rohani.

"Disini akan ada tanaman-tanaman, edukasi tanaman tanaman, terus zona olahraga ada joging track disampingnya ada zona plaza bisa buat pentas seni bisa buat upacara kecil bisa sederhana, zona religi disana dekat mesjid akan ada asmaulhusnah," katanya.

Selain itu juga akan disediakan sarana information tourism atau layanan informasi.

Terkait tanaman yang akan ditanam Esti menjelaskan ada sekitar 300 taman yang akan ditanam di alun alun Kota Bogor.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved