Breaking News:

Info Kesehatan

Ini Cara Mengembalikan Kesehatan Paru Setelah Sembuh dari Covid-19

Dengan beragam kondisi paru pada pasien Covid-19, Astri menjelaskan, proses penyembuhan juga membutuhkan waktu yang relatif lama.

Editor: Tsaniyah Faidah
Net
ilustrasi - Cara memulihkan kesehatan paru pasien Covid-19 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Salah satu organ tubuh yang terdampak akibat infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 adalah paru.

Ketika virus SARS-CoV-2 masuk ke dalam tubuh seseorang, virus itu akan menempel pada membran mukosa di hidung, mulut, dan mata.

Virus ini akan masuk ke dalam tubuh dan menggunakannya sebagai media untuk bereplikasi.

Setelah virus bereplikasi, virus baru akan menginfeksi sel lainnya dan proses ini terus berulang hingga mengenai saluran pernapasa bawah.

Ini akan menyebabkan lapisan dalam saluran pernapasan mengalami iritasi dan inflamasi (peradangan).

Dalam beberapa kondisi, terutama pada pasien dengan gejala ringan hingga sedang, biasanya mereka bisa merasakan batuk kering dan sakit tenggorokan.

Sementara, beberapa orang juga mengalami pneumonia, yaitu infeksi paru-paru yang menyebabkan alveoli terinflamasi.

Baca juga: Catat! Ini Hal yang Perlu Dilakukan dan Dihindari Setelah Vaksin Covid-19

Lantas, dengan pengaruh besar Covid-19 terhadap organ paru, bagaimana mengembalikan kesehatan paru-paru setelah sembuh dari Covid-19?

Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan RS Pondok Indah, Puri Indah, dr Astri Indah Prameswari SpP mengatakan, kondisi paru pada pasien yang sembuh dari Covid-19 tentunya berbeda satu dengan yang lain.

Menurut Astri, hal ini bergantung pada kondisi pasien ketika terinfeksi Covid-19, pasien masuk ke dalam kriteria sakit yang bagaimana.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved