Breaking News:

Jokowi Sebut Covid-19 Tak Mungkin Hilang Total, Ungkap Hal yang Bisa Dilakukan

Presiden Jokowi Widodo mengingatkan bahwa Covid-19 tidak mungkin hilang secara total.

Editor: Tsaniyah Faidah
Screenshot YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi pun mengingatkan bahwa Covid-19 tidak mungkin hilang secara total. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Presiden Joko Widodo mengatakan, pandemi Covid-19 belum dapat diprediksi kapan bisa benar-benar berakhir.

Jokowi pun mengingatkan bahwa Covid-19 tidak mungkin hilang secara total.

"Pandemi Covid-19 belum bisa diprediksi secara pasti kapan akan betul-betul berakhir. Covid-19 tidak mungkin hilang secara total," ujar Jokowi dalam sambutannya secara virtual pada acara Gerakan Nasional Vaksinasi 7 Juta Warga Perkebunan dan Desa-desa Produktif di 17 Provinsi yang digelar relawan Projo, Jumat (24/9/2021).

"Yang bisa kita lakukan adalah mengendalikan penyebaran Covid-19," tegasnya.

Oleh karenanya, lanjut Jokowi, vaksinasi menjadi salah satu cara untuk mengendalikan pandemi.

Baca juga: Tak Ada Efek Samping Usai Vaksin Covid-19, Sistem Kekebalan Tidak Bekerja? Ini Penjelasan Sebenarnya

Dia menuturkan, saat ini vaksinasi Covid-19 digencarkan di berbagai daerah dengan menyasar berbagai kelompok masyarakat.

Bahkan, dilakukan dengan cara jemput bola mendatangi rumah warga dari pintu ke pintu atau door to door agar segera dapat divaksin.

Perluasan dan percepatan vaksinasi ini sangat penting kita lakukan agar semakin banyak masyarakat yang divaksin di seluruh Indonesia.

Jokowi menjelaskan, sejak 13 Januari 2021, pemerintah bekerja siang dan malam untuk melakukan vaksinasi secara massal di seluruh penjuru Tanah Air.

"Kita ingin seluruh masyarakat Indonesia terlindungi, para lansia terlindungi, ibu-ibu hamil terlindungi, para penyandang disabilitas terlindungi, sampai anak-anak kita terlindungi dari risiko yang berat," tegasnya.

Baca juga: Agar Penyandang Komorbid Tak Tertular Covid-19, Ini Tipsnya dari Kemenkes

Meski demikian, Kepala Negara mengingatkan bahwa meskipun sudah divaksin, masyarakat tidak boleh bersenang-senang berlebihan.

"Kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat, memakai masker, menjaga jarak, selalu mencuci tangan dengan bersih," tegas Jokowi.

"Protokol kesehatan harus menjadi kebiasaan baru dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Adaptasi kebiasaan baru ini adalah kunci penting agar kita bisa melakukan transisi dari pandemi ke endemi," tambahnya.

Artikel ini tayang di kompas.com dengan judul Jokowi: Covid-19 Tak Mungkin Hilang Total, tapi Kita Bisa Kendalikan Penyebarannya

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved