Breaking News:

Travel

Jaga Konservasi Tumbuhan, Kebun Raya Bogor Operasikan Mobil Bertenaga Listrik

Sejumlah pembenahan dan perbaikan terus dilakukan dan mulai dirasakan langsung oleh pengunjung saat berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

istimewa/Kebun Raya Bogor
kendaraan listrik sebagai penunjang fasilitas pengunjung berkeliling Kebun Raya Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Reynaldi Pamungkas

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH -- Di usia yang sudah mencapai 204 tahun, Kebun Raya Bogor (KRB) terus melakukan berbagai inovasi sebagai destinasi wisata konservasi tumbuhan.

Berbagai inovasi ini dilakuka sebagai langkah transformasi pelayanan kepada publik.

Sejumlah pembenahan dan perbaikan terus dilakukan dan mulai dirasakan langsung oleh pengunjung saat berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

Salah satu upaya yang dilakukan pengelola adalah membatasi hilir mudik kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) di area KRB.

Gantinya dengan menyiapkan kendaraan ramah lingkungan bertenaga listrik.

Baca juga: Jadi Destinasi Wisata Favorit, Piknik di Kebun Raya Bogor Sehat dan Menyenangkan

"Saat ini di Kebun Raya Bogor tidak terlihat lagi kendaraan BBM semua sudah diganti armada bertenaga listrik.  Mulai dari shuttle bus, golf car, termasuk scooter," ujar  General Manager Corporate Communication and Security PT Mitra Natura Raya Zaenal Arifin, pengelola Kebun Raya Bogor,  kepada TribunnewsBogor.com Senin (4/10/2021).

Zaenal Arifin menjelaskan, sejak dulu wisatawan datang dengan tujuan menikmati area wisata hijau seluas 87 ha tersebut dengan berkeliling maupun piknik.

Resto Raasaa yang berlokasi di Kebun Raya Bogor menyediakan beragam menu.
Resto Raasaa yang berlokasi di Kebun Raya Bogor menyediakan beragam menu. (Istimewa/Kebun Raya Bogor)

"Kebun Raya Bogor melakukan pergantian armada bus wisata nya dari BBM dengan listrik. Ini dilakukan untuk mengurangi polusi kendaraan di kawasan konservasi tersebut," katanya.

Baca juga: Tetap Jaga Konservasi, Kebun Raya Bogor Siapkan Glow, Peneliti IPB : Daya Tarik Mengenal Sejarah

Menurutnya, dengan kendaraan listrik itu, dipastikan pengunjung akan merasa lebih aman dan nyaman menikmati waktu berkeliling Kebun Raya Bogor.

"Tak hanya bebas polusi, suara kendaraan listrik tersebut tidak berisik, pengunjung tetap diberikan pilihan untuk berkeliling Kebun Raya Bogor," ujarnya.

Kebun Raya Bogor masih menjadi tempat favorit untuk berkumpul dan nongkrong di alam terbuka bagi warga Bogor dan sekitarnya.
Kebun Raya Bogor masih menjadi tempat favorit untuk berkumpul dan nongkrong di alam terbuka bagi warga Bogor dan sekitarnya. (Istimewa/Kebun Raya Bogor)

Baca juga: Mengulik Kebun Raya Bogor Di Usia 204 Tahun, Tetap Setia Jaga Konservasi hingga Inovasi Eduwisata

Selain menggunakan shuttle bus yang didampingi driver sekaligus tour guide, pengunjung juga dapat menggunakan golf car, sepeda listrik dan scooter listrik.

"Seluruh fasilitas pendukung, seperti bangku, gazebo, toilet dan tempat ibadah serta fasilitas medis diperbaiki agar pelayanan publik semakin baik. Tentunya seluruh fasilitas publik tersebut di disinfektan secara berkala disaat pandemi Covid-19," pungkasnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved