Breaking News:

Info Kesehatan

Studi: Efektivitas Vaksin Pfizer Turun Menjadi 47 Persen Setelah 6 Bulan

Laporan itu menjadi pertimbangan badan kesehatan Amerika Serikat ketika diputuskan perlunya suntikan booster vaksin Covid-19 tersebut.

Editor: Tsaniyah Faidah
Kompas.com
Ilustrasi - Efektivitas vaksin Pfizer berkurang setelah 6 bulan 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Efektivitas vaksin Pfizer turun menjadi 47 persen setelah 6 bulan.

Laporan itu menjadi pertimbangan badan kesehatan Amerika Serikat ketika diputuskan perlunya suntikan booster vaksin Covid-19 tersebut.

Dilansir dari Reuters, Rabu (6/10/2021), data studi yang dipublikasikan di jurnal medis Lancet, sebelumnya telah dirilis sebelum peer review pada Agustus lalu.

Analisis studi ini menunjukkan bahwa efektivitas vaksin Covid-19 berbasis mRNA yang dikembangkan Pfizer dan mitranya BioNTech, tetap tinggi hingga 90 persen dalam mencegah rawat inap dan kematian, setidaknya selama enam bulan.

Baca juga: Viral Pasangan Kakek-Nenek Jalan Kaki Demi Vaksin Covid-19, Tempuh Jarak Hingga 12 Km

Bahkan, kemampuan vaksin Covid-19 Pfizer dalam melindungi dari varian Delta, yang dikenal lebih menular juga tinggi.

Kendati demikian, menurut peneliti data menunjukkan bahwa penurunan efektivitas vaksin Pfizer turun setelah 6 bulan ini disebabkan oleh semakin memudarnya kemanjuran, dibandingkan varian virus corona yang lebih menular.

Para peneliti dari Pfizer dan Kaiser Permanente mempelajari catatan kesehatan elektronik dari sekitar 3,4 juta orang yang menjadi anggota Kaiser Permanente California Selatan antara Desember 2020, yakni ketika vaksin Covid-19 pertama kali tersedia, hingga Agustus 2021.

"Analisis spesifik varian kami dengan jelas menunjukkan bahwa vaksin (Pfizer-BioNTech) efektif terhadap semua varian yang menjadi perhatian saat ini, termasuk Delta," kata Luis Jodar, wakil presiden senior dan kepala petugas medis di vaksin Pfizer.

Kendati demikian, penelitian efektivitas vaksin Pfizer setelah 6 bulan ini memiliki keterbatasan data potensial, yakni terkait kurangnya data tentang kepatuhan masyarakat yang telah divaksin terhadap pedoman penggunaan masker.

Artikel ini tayang di kompas.com dengan judul Setelah 6 Bulan, Efektivitas Vaksin Pfizer Turun Jadi 47 Persen

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved