Breaking News:

IPB University

Konvensi Perubahan Iklim, Pakar IPB University Ungkap Kenaikan Suhu Bumi 1,1 Derajat

Menurut Climate Action Tracker, dibutuhkan penurunan emisi sekitar 5,5 M ton per tahun untuk mencapai 1,5 derajat pada tahun 2030.

Google images
ilustrasi perubahan iklim 

TRIBUNNNEWSBOGOR.COM -- Konferensi yang diikuti para ahli ke-26 Conference of Parties (COP26) bagi konvensi perubahan iklim di Glasgow Oktober hingga November 2021 mendatang menyerap perhatian dunia.

Peristiwa penting tersebut merupakan wujud dan komitmen para pihak dalam menurunkan gas emisi menurut Nationally Determined Contributions (NDC).

NDC tersebut akan dibandingkan dengan Laporan Panel Perubahan Oklim (Inter-Governmental Panel on Climate Change, IPCC) yang ke-6.

Prof Daniel Murdiyarso, Guru Besar IPB University Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang pernah menjadi penulis utama dalam kajian IPCC mengatakan terdapat tiga kelompok kerja dalam IPCC working group.

Yakni terkait dengan sains, adaptasi dan dampak perubahan iklim, dan mitigasi dan pembangunan ramah lingkungan dan rendah karbon.

“Hanya working group pertama yang baru memberikan laporan AR6 (Assesment Report) setiap lima tahun,” ujarnya. AR6 ini, lanjutnya, dinilai menarik untuk dikaji dalam Konferensi Glasgow karena berbeda dengan AR5.

“Lima tahun lalu, kenaikan suhu bumi diharapkan hanya naik 0,5 derajat. Kini menurut IPCC, kenaikannya hampir 1,1 derajat,” sebutnya dalam talkshow interaktif “Menuju Glasgow tanpa Galau” yang diselenggarakan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), CIFOR, dan IPB University.

Sosok yang pernah menjabat sebagai Deputi Menteri Lingkungan Hidup sekaligus menjadi National Vocal Point untuk Konvensi Perubahan Iklim selama dua tahun ini menyebutkan penurunan emisi ke depan akan semakin berat.

Menurut Climate Action Tracker, dibutuhkan penurunan emisi sekitar 5,5 M ton per tahun untuk mencapai 1,5 derajat pada tahun 2030.

Ditambah lagi, katanya, dengan biaya penurunan emisi yang terbilang mahal.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved