Wajibkan Penumpang Pesawat Tes PCR, Ini Alasan Pemerintah

Kini pemerintah menerapkan aturan bagi penumpang moda transportasi udara atau pesawat wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT PCR (H-2

Editor: Vivi Febrianti
Istimewa/Pemkot Bogor
Ilustrasi Tes PCR 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Kini pemerintah menerapkan aturan bagi penumpang moda transportasi udara atau pesawat wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT PCR (H-2).

Pemerintah beralasan, pengetatan metode testing menjadi PCR ini dilakukan karena, sudah tidak diterapkannya penjarakan antar tempat duduk atau seat distancing dengan kapasitas penuh sebagai bagian dari uji coba pelanggaran mobilitas demi pemulihan ekonomi di tengah kondisi kasus yang cukup terkendali.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers BNPB yang disiarkan virtual pada Kamis (21/10/2021).

"PCR sebagai metode testing gold standard dan lebih sensitif daripada rapid antigen dalam menjaring kasus positif," ujarnya.

Baca juga: Syarat SKD CPNS Kabupaten Bogor 2021 Wajib Tes PCR, Bagaimana Kalau Reaktif? Ini Penjelasannya

Prof Wiku memastikan, prinsip penerapan persyaratan pelaku perjalanan dengan PCR khususnya untuk moda transportasi udara sebagai upaya untuk memastikan tidak terjadi penularan Covid-19.

"Menggunakan tes PCR tentunya memiliki akurasi yang lebih tinggi daripada rapid test antigen" imbuh Prof Wiku.

Diharapkan, pada saat peningkatan jumlah penumpang dengan kepadatan yang lebih tinggi diharapkan tidak terjadi potensi penularan dari orang yang mungkin lolos dari proses skrining apabila tidak menggunakan RT PCR.

Baca juga: Tak Lagi Bisa Pakai Antigen, Naik Pesawat Kini Wajib Tes PCR, Ini Penjelasan Kemenhub

Sebagai upaya untuk mengoptimalisasi upaya pencegahan penularan, pihak maskapai diwajibkan menyiapkan 3 row yang dikosongkan untuk pemisahan jika ditemukan pelaku perjalanan yang bergejala saat perjalanan.

Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Nomor 21 tentang Ketentuan Perjalanan Orang dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19 yang diterbitkan pada hari ini 21 Oktober 2021.

(Tribunnews.com/Rina Ayu)

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved