Breaking News:

Info Otomotif

Tips Mendeteksi Sokbreker Motor Rusak, Simak Penjelasannya

Bisa dirasakan baik pada saat motor dibawa pelan atau kencang, berikut ini penjelasan dari bengkel spesialis sokbreker.

Editor: Damanhuri
Otomania
Ilustrasi sokbreker motor. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Ada ciri-ciri yang bisa dirasakan bikers kalau sokbreker depan motor sudah rusak. Dalam kondisi sokbreker rusak, kemampuan sokbreker dalam meredam guncangan tentu mengalami penurunan sehingga mengubah karakter motor.

Bisa dirasakan baik pada saat motor dibawa pelan atau kencang, berikut ini penjelasan dari bengkel spesialis sokbreker.

“Karena fungsinya sebagai peredam guncangan, kalau sok rusak otomatis saat lewat jalanan rusak atau bergelombang, guncangan yang dilalui bakal lebih terasa,” terang Romandono, pemilik bengkel Joko Shock Jaya yang ada di Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Selain itu, saat motor dipakai mengerem keras atau lewat polisi tidur, biasanya juga bakal muncul bunyi jeduk dari bagian depan.

Sedangkan pada saat motor dipakai kecepatan tinggi atau melakukan manuver berbelok, setang motor bakal terasa oleng sehingga jadi susah dikendalikan.

Secara umum, setang motor juga bisa terasa lebih bergetar dari kondisi normal kalau sokbreker depan dalam kondisi rusak.

“Kerusakan sok depan umumnya akibat sil sok robek, oli sok rembes atau per sok sudah lemah sehingga timbul gejala,” lengkap Pak De.

Kalau dibiarkan, fungsi sokbreker depan motor jadi mati karena enggak main sehingga terasa keras saat kena guncangan.

Jangan tunggu sampai ada oli bocor, segera lakukan pengecekan dan perbaikan jika ciri tadi muncul. Sekarang sudah paham ya gejala sokbreker depan motor yang perlu dilakukan perbaikan.

Artikel ini tayang di Gridoto dengan judul Ciri Sokbreker Depan Rusak, Motor Bakal Terasa Begini Saat Dipakai

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved