Breaking News:

4 Negara yang Klaim Tak Punya Kasus Covid-19 sampai Sekarang, Termasuk Korea Utara

Jumlah negara yang mengeklaim secara resmi tidak memiliki kasus Covid-19 sejak penyakit tersebut merebak semakin menyusut.

Editor: Tsaniyah Faidah
Gerd Altmann/Pixabay
Ilustrasi - 4 negara yang klaim tidak terinfeksi virus corona 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Hanya ada empat negara yang tersisa di dunia yang tidak pernah melaporkan satu pun kasus Covid-19 di dalam perbatasan mereka.

Akhir bulan lalu, Tonga akhirnya melaporkan kasus Covid-19 pertama. Negara pulau kecil yang terletak di Pasifik Selatan ini, berada sekitar 2.000 mil sebelah timur Brisbane, Australia.

Tonga adalah salah satunya sampai Jumat (29/10/2021), ketika seorang pengunjung dari Selandia Baru dinyatakan positif mengidap penyakit tersebut.

Laporan itu muncul lebih dari 20 bulan virus corona baru yang menyebar dengan cepat ke seluruh dunia dinyatakan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Patogen ini telah menginfeksi lebih dari 246 juta orang dan membunuh sekitar 5 juta.

Penyakit ini terus mendatangkan malapetaka pada mata pencarian dan ekonomi di seluruh dunia. Bahkan dengan munculnya banyak vaksin, banyak di antaranya terus didistribusikan hanya di negara-negara terkaya di dunia.

Namun, dari 193 negara yang diakui oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), kini menurut laporan Newsweek, jumlah negara yang mengeklaim secara resmi tidak memiliki kasus Covid-19 sejak penyakit tersebut merebak semakin menyusut.

Baca juga: Mengenal Pil Pfizer dan Merck, Obat Covid-19 Pertama yang Akan Dipasarkan

Nauru

Nauru adalah salah satu negara terkecil di dunia berdasarkan ukuran dan populasinya. Hanya lebih dari 10.000 orang tinggal di pulau seluas sekitar delapan mil persegi yang terletak di timur laut Australia.

Bendera negara berbintang 12 melambangkan 12 suku tradisional Nauru.

Negara itu tampaknya memiliki peringatan infeksi Covid-19 minggu lalu. Ketika itu gejala pernapasan terdeteksi di antara awak kapal yang kemudian diperlakukan sebagai kasus yang dicurigai.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved