Breaking News:

Info Kesehatan

Wamenkes Ungkap 4 Penyakit yang Angka Kematiannya Tinggi di Indonesia, Bisa Ditangani di RSUD Bogor

Penyakit itu, kata Wamenkes, merupakan penyakit tidak menular dan secara tidak langsung jarang sekali disadari.

TribunnewsBogor.com
Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Herbowono menyebut ada empat penyakit yang paling tinggi angka kematiannya. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Herbowono menyebut ada empat penyakit yang paling tinggi angka kematiannya.

Penyakit itu, kata Dante. merupakan penyakit tidak menular dan secara tidak langsung jarang sekali disadari.

"Angka kematian di negara kita ini yang paling tinggi angka kematian akibat penyakit tidak langsung, penyakit tidak menular antara lain adalah penyakit jantung, radio fast cular, stroke dan kanker," katanya saat meresmikan fasilitas baru di RSUD Kota Bogor.

Namun meski demikian kata Dante resiko kematian akibat dari penyakit itu bisa diminimalisir dan ditangani oleh alat yang baru saja diluncurkan di RSUD yakni.

MRI (Magnetic Resonance Imaging) 3 Tesla, CT (Cimouterized Tomography) Scan 128 Slice dan ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) 

"Dengan begitu kita harapkan angka kematian secara umum akibat empat penyakit tersebut dengann ditambahnya fasilias kesehatan bisa lebih optimal melakukan penanganan dengan baik," katanya.

Ia juga berharap agar terobosan inovasi dan pengembangan rumah sakit dengan menambah fasilitas alat kesehatan bisa diikuti oleh darrah lain.

Sehingga dengan begitu setiap wilayah minimal memiliki satu rumah sakit rujukan yang memiliki fasiliras alat kesehatan yang memadai.

"Sehingga dengan kalsifikasi dan indentifikasi kebutuhan dan melakukan pengembangan dengan lebih optimal maka rumah sakit daerah bisa menjdi rujukan yang tinggi bagi rumah sakit di bawahnya," ujarnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved