Breaking News:

Mengenal Tanaman Air Azolla, Bisa Digunakan untuk Pakan Ayam dan Ternak Ikan

Dalam sehari Rana biasa menggunakan 20 hingga 30 persen azolla yang dikombinasikan dengan pakan fregmentasi dari tahu atau pakan pabrikan.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Kolam azolla di kebun pengembangan pertanian masa depan atau Garden Prospective Agriculture (GPA) Farm yang merupakan kebun konservasi dan riset tanaman masa depan di Perumahan Griya Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Ketika meningkatnya harga pakan, banyak peternak yang kemudian mencari alternatif.

Itu pula yang dilakukan peternak ayam di Bogor, Rana Wijaya, yang juga owner kebun pengembangan pertanian masa depan atau Garden Prospective Agriculture (GPA) Farm yang merupakan kebun konservasi dan riset tanaman masa depan di Perumahan Griya Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Rana Wijaya mengatakan bahwa tanaman air azolla memiliki protein yang tinggi.

"Peternak itu mencari sumber protein alternatif itu karena trendnya harga pakan naik karena jagung, jadi sekarang sedang mencari pakan alternatif yang murah tapi mudah didapat yaitu azolla ini proteinnya 27 persen iya kan," katanya beberapa waktu lalu.

Manfaat azolla ini kata Rana bisa digunakan sebagai pakan ayam yang bisa juga diintegrasikan dengan menanam ikan.

Penggunaan azolla untuk pakam ayam kata Rana bisa menekan biaya pakan.

Dalam sehari Rana biasa menggunakan 20 hingga 30 persen azolla yang dikombinasikan dengan pakan fregmentasi dari tahu atau pakan pabrikan.

"Artinya kita tidak 100 persen membeli pakan pabrikan tapi kita hanya menggunakan 50-60 persen pakan pabrik selebihnya kita menggunakan pakan sendiri dan azolla,dan hasilnya oertumbuhan KUB tetap normal," ujarnya.

Rana juga sempat melakukan riset ujicoba perbandingan antara pemberian pakan ayam 100 persen dengan pakan panrikan dan dengan pakan fregmentasi dan azolla.

Hasilnya pertumbuhan ayam dan telur sama sama normal.

" Dari 20 ekor indukan ini kita bisa menghasilkan telur ayam perhari 15 hingga 17 butir ayam," ujarnya.

Selain bisa digunakan sebagai pakan ternak, Azolla juga bisa juag diintegrasikan dengan ikan.

"Karena azolla ini kan perlu nutrisi nutrisinya dari mana ya dari kotoran ikan atau sisa pakan atau amoniak, buat ikan apa keuntungnya buat ikan adalah airnya jadi sehat jadi percobaan kita dengan gurame-gurame itu jadi lebih jarang yang mati," ujarnnya.

Sehingga kata Rana ikan bisa hidup diair yang sehat dan azola mendapatkan nutrisi sedangkan hasil panen azolla bisa dijual atau untuk pakan alternatif ayam KUB.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved