Breaking News:

Kantor Gubernur DKI Dikepung Massa Lagi, Buruh Ingin Tagih Janji Anies Baswedan: Kami Akan Menginap

Para buruh yang menggelar aksi unjuk rasa berencana menginap di Gedung Balai Kota jika Anies Baswedan tak merevisi SK UMP DKI Jakarta hingga siang ini

Editor: Tsaniyah Faidah
Warta Kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui massa pengunjuk rasa di depan Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat pada Kamis (18/11/2021). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Sebanyak 10.000 buruh menggelar aksi unjuk rasa di Balai Kota DKI Jakarta, hari ini.

Dalam aksi tersebut, para buruh menuntut kenaikan UMP DKI Jakarta tahun 2022 sekaligus mempertanyakan amar keputusan yang dibacakan para Hakim Konstitusi terkait Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja.

Mereka yang tergabung dalan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menuntut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera merivisi SK UMP DKI Jakarta agar upah buruh naik 10 persen.

"Hanya satu yang kami minta kepada Bapak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yaitu menagih janjinya yang secara terbuka sudah disampaikan bahwa UMP DKI akan ditinjau ulang. Selain memperhatikan asas-asas hukum, beliau juga menyampaikan asas keadilan," kata Ketua KSPI yang juga Ketua Partai Buruh Said Iqbal dalam konferensi pers virtualnya, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Sudah Dibatalkan Pemerintah, Anies Telanjur Teken Keputusan PPKM Level 3 pada 24 Desember 2021

Mereka berencana menginap di Gedung Balai Kota jika Anies Baswedan tak merevisi SK UMP DKI Jakarta hingga siang ini.

"Sampai dengan siang ini tidak ada revisi, kami akan menginap di Balaikota," seru orator aksi buruh.

Aksi kali ini para buruh membawa sejumlah poster bertuliskan tuntutan mereka.

Yakni meminta kenaikan upah buruh serta revisi SK UMP DKI Jakarta tahun 2022 dan tetapkan kenikan sebesar 10 persen.

Tak hanya itu, massa buruh juga memperagakan sejumlah tektrikal yang memperlihatkan buruh yang dirantai dan dikendalikan oleh para penguasa serta pemilik modal.

Massa buruh kemudian melanjutkan aksi ke sekitar kawasan Bundaran Patung Kuda sembari menunggu keputusan Anies Baswedan.

Artikel ini tayang di Tribunnews.com dengan judul Buruh Ancam Menginap di Balai Kota Jika Anies Baswesan Tak Revisi UMP DKI Jakarta

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved