Breaking News:

Rumus Cinta 5:1 Jadi Tips Rumah Tangga Langgeng Ala Yane Ardian dan Bima Arya

Meski sudah belasan tahun mengarungi bahtera rumah tangga, keromantisan hubungan Yane dan Bima seperti tidak pernah luntur.

Editor: Vivi Febrianti
Instagram @yane_ardian
Curhatan istri Wali Kota Bogor Bima Arya, Yane Ardian 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Geok Mengwan

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Tepat pada tanggal 27 Desember kemarin, Wali Kota Bogor Bima Arya bersama istrinya, Yane Ardian merayakan ulang tahun pernikahan yang ke-19 tahun.

Meski sudah belasan tahun mengarungi bahtera rumah tangga, keromantisan hubungan Yane dan Bima seperti tidak pernah luntur.

Untuk menjaga hubungan dengan pasangan tetap harmonis, Yane membeberkan tipsnya saat menjadi narasumber dalam acara Bincang Bogor yang tayang di kanal YouTube Tribunnews Bogor pada Selasa (28/12/2021).

Menurutnya dalam hubungan suami istri juga diperlukan ilmu, salah satu yang ia terapkan yakni rumus cinta 5:1.

Ibu dari Kinaura dan Kenatra ini menerangkan bahwa dalam persoalan sesulit apapun, apabila diketahui rumusnya maka akan mudah untuk diselesaikan.

“Misalnya dikasih soal matematika, padahal soalnya gampang banget, penjumlahan. Tapi karena gak tahu bagaimana cara menjumlahkan (maka) gak bisa kan? Tapi misalnya walau dikasih soal sesulit apapun tapi tahu rumusnya itu kan gampang aja. Jadi dari semua itu saya ingin menyampaikan bahwa ilmu itu penting dalam segala hal, termasuk dalam rumah tangga, keluarga," jelas wanita berusia 42 tahun tersebut.

Yane menuturkna, maksud dari rumus 5:1 itu yakni apabila seseorang berbuat satu kesalahan atau sesuatu yang tidak baik kepada pasangannya, maka harus membalas perbuatan tersebut dengan lima kebaikan.

Ketua TP PKK Kota Bogor, Yane Ardian menjadi narasumber dalam kegiatan Jambore Kreatifitas Remaja Kota Bogor yang digelar di Mako Brimob Resimen II Pelopor, Jalan KS Tubun, Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Sabtu (27/11/2021) malam.
Ketua TP PKK Kota Bogor, Yane Ardian menjadi narasumber dalam kegiatan Jambore Kreatifitas Remaja Kota Bogor yang digelar di Mako Brimob Resimen II Pelopor, Jalan KS Tubun, Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Sabtu (27/11/2021) malam. (Istimewa/Pemkot Bogor)

“Ketika kita berbuat sesuatu yang kurang baik atau kita mendapatkan sesuatu yang kurang baik dari pasangan kita, jangan kita bales lagi sesuatu yang kurang baik gitu loh. Tapi kita harus berikan lima perbuatan baik kepada pasangan kita, atau sebaliknya. Misalnya gini, saya marah sama kang Bima, lalu kang Bima terluka hatinya, artinya saya punya utang ke kang Bima untuk melakukan lima perbuatan baik ke kang Bima supaya menutupi satu itu,” kata Yane.

Selain itu, wanita yang tengah menempuh program doktoral di IPB University ini juga menambahkan tips hubungan yang baik adalah dengan tidak membandingkan pasangan kita dengan pasangan orang lain.

"Jangan bandingkan pasangan kita dengan pasangan orang lain. Nah itu juga salah satu rumus,"

Menurut Yane, menyampaikan apa yang diinginkan atau hal yang membuat tidak nyaman secara verbal kepada pasangan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan.

"Apa yang kita inginkan, sampaikan. Kita ada yang tidak nyaman, sampaikan," pungkas Yane.

Simak selengkapnya pada video di bawah ini :

(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved