Breaking News:

Info Kesehatan

Dijadwalkan 12 Januari 2022, Kenali Efek Samping Vaksin Covid-19 Booster

Penyuntikan dosis ketiga vaksin Covid-19 atau booster akan terlebih dahulu diberikan kepada populasi berusia lebih dari 18 tahun.

Editor: Tsaniyah Faidah
Tribunnews.com
Ilustrasi - Efek samping vaksin booster 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Program vaksinasi booster akan dimulai 12 Januari 2022.

Satgas Covid-19 memastikan hasil uji klinis vaksin Covid-19 booster tidak menunjukkan efek samping atau kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) berat.

Dilansir dari Kompas.com, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, sejauh ini, tidak ditemukan adanya KIPI atau efek samping bergejala berat terhadap peserta uji klinis vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster.

"Sejauh ini telah dilakukan uji klinis pemberian booster vaksin dan ditemukan tidak ada indikasi KIPI berat pada subjek penelitian," kata Wiku melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/1/2022).

Menurut Wiku, penyuntikan dosis ketiga vaksin Covid-19 atau booster akan terlebih dahulu diberikan kepada populasi berusia lebih dari 18 tahun.

"Selain itu, penerimanya berdomisili di kabupaten/kota yang telah memenuhi cakupan vaksin dosis pertama kepada minimal 70 persen persen penduduk, dan vaksin dosis kedua kepada minimal 60 persen jumlah penduduk," ujar dia.

Baca juga: Ibu di Semarang Merasa Kebal Covid-19, Sewa Joki Vaksin Agar Bisa ke Luar Kota : Belum Dibayar

Wiku mengatakan, penyuntikan dosis ketiga dosis vaksin Covid-19 atau vaksin booster direkomendasikan dalam rentang waktu minimal 6 bulan setelah suntikan dosis kedua.

Terkait jenis vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster yang akan dipakai masih menunggu rekomendasi resmi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (POM).

Sebelumnya, Keputusan pelaksanaan vaksin Covid-19 booster pada 12 Januari 2022 diumumkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Senin (03/01/2022), di Kantor Presiden, Jakarta.

“Program vaksinasi booster sudah diputuskan oleh Bapak Presiden akan jalan tanggal 12 Januari,” ujar Menkes, dikutip dari situs Setkab.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved