Breaking News:

Sudah Terdaftar di HAKI, UMKM Kerajinan Bambu Asal Cigombong Bogor Banjir Pesanan

Owner Sagala Tina Awi Aban Sudrajat mengatakan, bahwa peningkatan produksi barang yang dibasilkan terjadi kenaikan sekira 60%.

Penulis: Rahmat Hidayat | Editor: Damanhuri
Dokumentasi Sagala Tina Awi
Sagala Tina Awi saat membuat pesanan, Jumat (7/1/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com Rahmat Hidayat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIGOMBONG - Terdaftar di Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), UMKM kerajinan bambu asal Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, dengan nama brand 'Sagala Tina Awi' kebanjiran pesanan.

Owner Sagala Tina Awi, Aban Sudrajat mengatakan, bahwa peningkatan produksi barang yang dibasilkan terjadi kenaikan sekira 60%.

Ia pun membeberkan, kenaikan tersebut hampir terjadi disemua barang yang dibuat olehnya.

"Alhamdulillah ada peningkatan setelah terdaftar di HKI. Mulai dari souvenir, alat musik tradisional, tumbler gelas bambu, dan celempung," ucapnya kepada TribunnewsBogor.com, Jumat (7/1/2022).

Dia pun menambahkan, areal pesanan barang yang dituju sudah hampir seluruh Jabodetabek.

"Saat ini bahkan saya menambah 2 orang pekerja. Jabodetabek semua alhamdulilah. Bahkan sampai Banten dan Kalimatan," tambahnya.

Dari pesanan tersebut, imbuhnya, dilakukan secara online melalui facebook dan dari mulut ke mulut.

"Kalau saat ini melalui online kebanyakannya. Alhamdulilah," katanya.

Sementara itu, dia turut menjelaskan,  jauh sebelum terdaftar di HKI tersebut, dia mengklaim bahwa barang yang dihasilkan sudah sampai ke luar negeri.

"Imbas dari dilonggarkannya PPKM Kabupaten Bogor barang saya sudah sampai Amerika, Malaysia, dan Jepang. Pesanan paling banyak di November dan Desember," jelasnya.

Kendati demikian, dia mengatakan akan tetap produktif dan terus belajar.

"Intinya saya tidak berpuas diri apa yang didapat sekarang. Saya akan terus belajar dan juga ikut merawat tradisi dari barang bambu ini. Semoga, semua UMKM yang berada di Cigombong jaya raya selalu," tutupnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved